Wasl Tower berlokasi di Sheikh Zayed Road, dekat Burj Khalifa

Dubai adalah salah satu kota terbaik untuk melihat berbagai pencakar langit bernuansa modern. UN Studio mengumumkan akan membangun gedung setinggi 300 meter dekat Burj Khalifa. Dijuluki Wasl Tower, bangunan akan dilapisi formasi keramik indah dan diintegerasikan dengan panel surya.

Sang arsitek asal Belanda, Werner Sobek merancang desain yang terinspirasi dari pose Contrapposto dimana bagian bawah hingga atas gedung seolah berputar dengan lembut. Desain memiliki ciri khas miring dimana salah satu penyangga memiliki lebih banyak beban.

Di balik sirip terdapat lampu yang akan menghiasi gedung saat malam hari

Struktur sirip keramik dibuat untuk memantulkan panas dari luar namun juga berfungsi menyaring cahaya yang masuk agar menerangi ruangan secara alami. Menurut pengembang, sirip ini bisa dikontrol lewat komputer bahkan menampilkan gerakan berirama yang bakal menarik perhatian.

Wasl Tower menyediakan kantor, apartemen, area publik, hingga hotel mewah. Mandarin Oriental akan menjadi operator dari 250 kamar hotel. Setidaknya terdapat 17 elevator untuk membawa pengunjung ke tingkat yang dituju. Tetapi elevator tersebut dibagi pada poros yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.

Tahap awal pembangunan sudah dilakukan

Menurut UN Studio, gedung setinggi 300 meter ini akan mendapat gelar tertinggi di dunia dengan fasad atau permukaan luar dari keramik. Rencananya proses konstruksi Wasl Tower diperkirakan selesai pada 2020.

Berikut video visualisasi tiga dimensi dari Wasl Tower: