Hutan sangat penting untuk mengurangi dampak perubahan iklim, bertindak sebagai penyerap karbon tahunan hasil aktivitas manusia.

Menanam pohon di lokasi terpencil selain lebih lambat juga menyulitkan karena harus melewati medan yang tidak bersahabat. Proses penghijauan saat ini masih mengandalkan tenaga manusia untuk melakukan semua pekerjaan.

DroneSeed, sebuah perusahaan yang berbasis di Pacific Northwest melihat masalah ini dan menemukan solusinya.

DroneSeed bekerjasama dengan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang kehutanan dan lembaga lingkungan lainnya untuk melakukan penghijauan.

penghijauan drone, drone for goods, droneseed
Area yang luas dan sulitnya medan menimbulkan ide untuk menggunakan drone sebagai media reboisasi

Mereka menggunakan drone untuk menabur benih pohon lewat udara. Cara ini sangat efektif untuk menjangkau daerah yang sulit dicapai manusia. Apalagi penggunaan drone mampu menebar benih lebih cepat.

Sebelum melakukan penyemaian benih, tim harus mengidentifikasi kontur tanah agar bisa menentukan tempat terbaik agar pohon dapat tumbuh.

penghijauan drone, drone for goods, droneseed
Durasi penerbangan drone dapat mencapai 1,5 jam

Menurut informasi dari perusahaan, drone dapat menabur hingga 800 benih dalam kurun waktu satu jam, meliputi area seluas 4000 meter persegi.

Selepas melakukan penebaran benih, drone juga bisa mengangkut air untuk menyiram pohon. Selain itu aktivitas pemantauan perkembangan hutan juga bisa dilakukan dengannya.

Sumber: DroneSeed