T-Pod Truck Einride
Truk self driving ini akan mengurangi biaya pengiriman barang

Selain mobil penumpang dan bus, truk juga mengadopsi teknologi self driving. Bahkan beberapa analisis menyebutkan perkembangannya lebih cepat dibanding sektor lain karena sangat dibutuhkan dunia industri. Selain Uber, startup asal Swedia juga merancang truk kemudi sendiri yang tampak lebih futuristik.

Dinamakan T-Pod, truk ini benar-benar meniadakan ruang bagi pengemudi. Sisi depannya pun tampak berbeda dari truk pada umumnya. Namun pihak Einride selaku perancang menjelaskan truk memiliki telemetri yang dapat dikontrol dari jarak jauh oleh operator di fasilitas pusat.

T-Pod Truck Einride
Einride belum menjelaskan level otonomi yang dimiliki truknya, namun mereka tetap akan menggunakan operator

Dengan demikian operator tidak perlu berada di jalanan sepanjang hari. Mereka hanya perlu bekerja di fasilitas berdasarkan shift yang mereka dapat. T-Pod berjalan dengan fungsi self driving penuh, hanya di waktu-waktu tertentu saja operator harus mengambil alih kemudi.

T-Pod berukuran panjang sekitar 7 meter. Ruang muatan dapat mengangkut 15 pallet kargo, dalam kondisi penuh berat truk akan mencapai 18 ton. Dengan baterai 200 kWh truk mampu menempuh jarak sekitar 200 kilometer dalam sekali pengisian daya.

Einride sudah merilis foto prototipe T-Pod dalam skala penuh pada Selasa lalu, sementara pengujian di lapangan akan dilakukan tahun lain. Menurut perusahaan, produksi T-Pod pertama akan digunakan untuk mengangkut muatan dari kota Gothenburg ke Helsingborg yang berjarak 220 kilometer. Dengan asumsi seperti itu, truk dipastikan akan mengisi daya di dalam perjalanan.

T-Pod Truck Einride
Truk dikatakan bisa mengisi daya di stasiun pengisian umum

Pada 2020 diharapkan ada 200 armada T-Pod yang aktif beroperasi, dengan stasiun pengisian di sepanjang perjalanan. Einride mengatakan sistem ini dapat mengirimkan hingga 2 juta pallet per tahun.

Dengan ketiadaan sopir, perusahaan pengirim barang tidak perlu menambah ongkos penginapan bagi para pengemudi truk. Perjalanan truk diatur oleh komputer, sementara operator tetap mengawasi sambil bersiaga kala dibutuhkan untuk manuver kontrol. Di sisi lain Einride juga berkontribusi mereduksi konsumsi bahan bakar fosil terutama di Eropa.

Berikut video T-Pod: