Handle Boston Dynamics

Boston Dynamics dikenal identitasnya sebagai perancang robot bipedal dan quadropedal yang dapat berjalan seperti makhluk hidup. Tetapi kali ini perusahaan yang berpusat di Massachusetts tersebut menggunakan pendekatan yang berbeda, dengan roda.

Perusahaan mengenalkan robot bipedal bernama Handle. Sekilas mirip robot Atlas yang dikawinkan dengan Segway.

Handle belu diluncurkan secara resmi namun telah ditunjukkan oleh salah satu petinggi, Marc Raibert pada presentasi kepada investor yang videonya diunggah ke Youtube oleh Steve Jurvetson.

Dalam videonya Handle terlihat sanggup berjalan di tanah tidak rata dengan seimbang. Ini berkat sistem keseimbangan yang memungkinkan robot menyesuaikan orientasi berat tubuhnya.

Raibert mengatakan roda lebih baik ketimbang sistem kaki yang biasanya dipakai. Ia juga menambahkan robot dapat bermanuver dengan efisien, bahkan melompati rintangan.

Meskipun Boston Dynamics sukses membuat publik terkagum dengan robot buatannya, namun mereka masih harus berjuang keras untuk bisa memproduksinya secara komersial.

Sampai artikel ini diturunkan pihak Boston Dynamics belum mengeluarkan informasi apapun. Tetapi melihat presentasi Raibert, tak menutup kemungkinan Handle ditujukan untuk menempuh medan berat dalam rangka upaya penyelamatan.