The Boring Company Tunnels
Sistem terowongan bawah tanah yang menghubungkan antar kota dapat membawa mobil melaju 200 kilometer per jam

Tahun lalu Elon Musk mendirikan perusahaan Boring Company yang bekerja membangun infrastruktur terowongan. Pendirian perusahaan ini juga bagian dari rencana Musk untuk membuat jalur hyperloop yang ditujukan bagi kendaraan roda empat. Terowongan bawah tanah tersebut terhubung antar kota dan menjadi solusi kemacetan.

Musk dalam akun Instagram-nya menunjukkan sistem elevator dimana mobil Tesla Model S dari permukaan tanah diturunkan ke dalam terowongan. Menurut ilustrasi yang dijelaskan perusahaan, mobil tersebut diangkut oleh semacam papan luncur elektrik yang mampu membawanya hingga kecepatan 200 kilometer per jam di bawah tanah.

Testing The Boring Company car elevator

A post shared by Elon Musk (@elonmusk) on

Jalur pertama diharapkan dapat menghubungkan Los Angeles ke Culver, Santa Monica, Westwood, dan Sherman Oaks. Perusahaan sebelumnya dilaporkan mendapat restu dari pemerintah setempat untuk membangun infrastrukturnya. Boring Company menggunakan mesin bor sendiri yang diklaim jauh lebih hemat biaya dibanding jenis lainnya.

Mei lalu Musk juga memposting video pengujian sistem pendorong di jalur hyperloop yang telah dibuat. Pengendara mobil yang dihadang kemacetan bisa menggunakan fasilitas ini. Berikut video uji cobanya (PERINGATAN: Video mungkin menyebabkan motion sickness hingga sakit kepala):

Tahun ini Elon Musk menghiasi berbagai media massa berkat prestasi perusahaan yang dipimpinnya, mulai dari Tesla Model 3, panel surya Solar Roof, roket daur ulang SpaceX Falcon 9, hingga baterai raksasa untuk menunjang listrik berdaya 1000 Megawatt.

The Boring Company sendiri cukup menarik perhatian sebagai perusahaan swasta yang membangun infrastruktur publik yang belum pernah ada sebelumnya.

Berikut video ilustrasi konsep terowongan yang dibangun Boring Company: