Japanese Turbin Waves
Tim dari Okinawa Institute of Science and Technology memiliki proyek untuk memanfaatkan potensi ombak di sepanjang pantai Jepang

Memiliki garis pantai sepanjang 30 ribu kilometer, Jepang memiliki potensi besar untuk memproduksi listrik dari ombak. Tim peneliti dari Okinawa Institute of Science and Technology (OIST) tengah merancang turbin yang mampu menyerap energi serta mengubahnya menjadi listrik.

Sudut turbin dapat berputar hingga 360 derajat yang artinya dapat menerima deburan ombak dari arah mana saja. OIST mengatakan setiap turbin memiliki bilah berdiameter 70 cm yang disematkan pada generator magnetik. Perputarannya menghasilkan listrik yang kemudian disalurkan ke jaringan di darat.

Menariknya, turbin tidak sekedar memanfaatkan ombak namun juga berfungsi mencegah abrasi. Sementara itu kebanyakan garis pantai menggunakan beton tetrapod untuk memecah ombak. “Anehnya, 30 persen pantai di Jepang ditutupi dengan tetrapod,” kata Professor Tsumoru Shintake, pimpinan proyek ini.

Japanese Turbin Waves
Sistem turbin pembangkit listrik tenaga ombak

Menurut tim, sistem turbin ini dapat beroperasi setidaknya selama 10 tahun. Pihaknya tidak menjelaskan berapa besar potensi energi yang bisa dipanen dari turbin ini, tetapi Profesor Shintake menyebut hanya dengan 1 persen instalasi di garis pantai Jepang setara dengan 10 gigawat atau 10 pembangkit listrik tenaga nuklir.

Proyek ini telah memiliki prototipe dengan sekala 1:2 yang akan segera dipasang untuk mendemonstrasikan teknologinya. “Saya harap (turbin) ini akan bekerja maksimal dan baik di setiap pantai dimana mereka dipasang.” kata Profesor Shintake.