Water Jetpack Dubai

Dubai dikenal sebagai kota yang sangat mengedepankan penggunaan teknologi mewah untuk berbagai keperluannya. Setelah fasilitas supercar untuk polisi, kini pemadam kebakaran mendapatkan ‘jetpack’ untuk padamkan api.

Dubai Media Office merilis video yang menunjukkan Project Dophin yakni water jetpack dari Zapata Flyboard yang digabung dengan mesin penyemprot air untuk memadamkan api.

Dalam video tersebut terlihat seorang pemadam kebakaran menggunakan jetski menuju sebuah jembatan kemudian menaiki jetski sambil memadamkan mobil yang sedang terbakar.

Meski terlihat modern ternyata proyek ini mengundang rasa skeptis. Misalnya waktu yang diperlukan untuk pemadaman menjadi lebih lama karena harus melalui jalur laut. Di samping itu sang pemadam perlu menyalakan water jetpack terlebih dahulu.

Terlepas dari itu, Project Dolphin difokuskan supaya proses pemadaman tidak mengganggu arus lalu lintas khususnya di daerah yang dekat dengan perairan seperti jembatan dalam video tersebut.

Water Jetpack
Lalu lintas tetap lancar meski pemadam sedang bekerja

Selain itu dengan terbang di sekitar titik api memungkinkan semburan air dapat dilancarkan dari berbagai arah yang dirasa cukup efektif.

Terlepas dari rasa skeptisme, ide unik ini mungkin akan lebih condong kepada hiburan daripada aksi penyelamatan.