1000 drone Ehang

Intel mungkin bisa berbangga diri setelah sukses dengan proyek Shooting Star, meluncurkan 500 drone bersamaan yang akhirnya menjadi pemandangan spektakuler.

Sayangnya ambisi Intel untuk memperbanyak kuantitas drone tidak berjalan sesuai ekspetasi. Tanpa diduga, perusahaan drone asal Tiongkok, Ehang meluncurkan 1.000 drone sekaligus pada 15 Januari lalu.

1000 drone Ehang
Seluruh drone dikontrol dari satu pusat

Sisi bawah masing-masing drone dilengkapi lampu LED yang warnanya dapat diatur. Terlihat drone mengubah formasi sehingga membentuk tulisan atau wujud tertentu.

Penerbangan menggunakan armada milik Ehang sendiri yakni Ghost Drone 2.0 yang dimodifikasi sehingga dapat dikendalikan oleh satu kontrol komputer.

1000 drone Ehang
Drone mewakili lampion yang biasa diterbangkan

Penampilan drone tersebut dilakukan di salah satu menara di Guangzhou dalam rangka festival lampion sebagai bagian dari perayaan tahun baru Imlek, khususnya shio ayam.

1000 drone Ehang
Dipadukan musik, festival ini terasa semakin atraktif

Agar tidak terjadi kontak fisik, setiap unit armada berjarak 1.5 meter dengan tetangganya. Perlu diketahui bawa Ehang sama sekali tidak menggunakan propeller guard.

Menurut sumber, atraksi 1.000 drone Ehang mirip dengan Intel, sama-sama menyertakan alunan musik orkestra.

Menurut sumber, atraksi 1.000 drone Ehang mirip dengan Intel, sama-sama menyertakan alunan musik orkestra.
Jumlah drone telah diverifikasi dan resmi mengalahkan rekor Intel

Pada akhirnya Ehang sukses mencatatkan diri di The Guinness Book of Records sebagai penerbangan pesawat tanpa awak terbanyak di dunia.