Yotaphone
Yotaphone 2, smartphone pertama dengan layar ganda di depan dan belakang (credit: Origo)

Penampilan smartphone seiring perkembangannya semakin menyusutkan ruang bebas di bagian muka. Samsung Galaxy S8 dan iPhone X misalnya, dapat dijadikan contoh akurat dalam fenomena ini. Sejumlah manufaktur lain pun mengikuti pendekatan yang sama, yakni memperlebar layar semaksimal mungkin.

Selain proyek smartphone layar lipat yang kini hampir selesai dikerjakan Samsung, perusahaan asal Korea Selatan tersebut juga mematenkan konsep baru dengan dimensi layar super ekspansif, hingga menyentuh daerah belakang.

Paten tersebut ditemukan oleh Let’s Go Digital, situs asal Belanda yang sering membongkar konsep smartphone masa depan dari dokumen terpercaya. Dalam laporannya, terdapat tiga kemungkinan desain yang akan dipakai perusahaan nantinya.

Samsung Dual Screen
Layar membentang melalui sisi bawah

Desain pertama membentangkan layar dari depan ke belakang melalui sisi bawah, hanya menyisakan kamera dan speaker. Sementara port konektivitas berada di samping. Konsep seperti ini memastikan sensor sidik jari tertanam di layar, yang mana teknologinya sudah ditemukan.

Samsung Dual Screen New
Identik dengan Infinity Display yang diperluas hingga belakang

Kemudian desain kedua mungkin yang bakal jadi favorit. Sebab kedua layar terhubung melalui sisi samping, seperti Infinity Display yang sudah digunakan pada beberapa smartphone terbarunya.

Samsung Dual Screen Phone
Atau layar kecil membantu, sekedar untuk memudahkan interaksi kecil

Samsung juga menawarkan opsi lain dengan layar belakang yang lebih kecil, sekedar untuk memudahkan interaksi pengguna saat ingin berfoto selfie atau menjawab panggilan saat posisi smartphone sedang terbalik.

Terlepas dari daya tariknya, skenario ini tidak akan hadir dalam waktu dekat. Samsung masih bergelut dengan proyek layar lipat dan sidik jari di bawah layar. Selain itu, predikat layar ganda di sisi belakang tidak terdengar seperti pionir, sebab sudah ada smartphone Yotaphone 2 yang menyematkan teknologi tersebut.