Panel Surya Rumah
Selain menghemat listrik, panel surya ternyata bisa menguntungkan

Turunnya harga panel surya secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir membuat instalasinya semakin terjangkau bahkan untuk penggunaan individu. Selain menghemat listrik, panel surya juga membuka peluang penghasilan tambahan.

Adalah Machmud Riyadh, warga Ciater, Banten yang memasang panel surya di rumahnya. Terdapat sedikitnya 11 panel surya dengan dimensi 1 x 1,7 meter yang saat ini aktif mensuplai listrik di kediamannya. Saat dihubungi tim dari Sefsed.com, Riyadh mengatakan total daya keseluruhan panel mencapai 3.000 watt dengan biaya Rp 53 juta.

“Per lembarnya ukurannya 1 x 1,7m. Jadi untuk 3000 watt diperlukan 11 lembar panel. Ukuran keseluruhan panel 3000 watt sekitar 20 meter pesegi.” ujarnya.

Sejauh ini listrik tersebut digunakan untuk menghidupkan peralatan elektronik di rumah seperti mesin cuci, setrika, kipas angin, dan dispenser. Menariknya selain menggunakannya di rumah, Riyadh juga menjual listriknya kepada PLN. Ia mengatakan “ekspor” listrik dilakukan di siang hari sementara malam hari ia kembali menggunakan PLN.

“Besar listrik yang saya jual ke PLN saya sesuaikan dengan besarnya listrik yang saya gunakan di malam hari. Sehingga balance penjualannya menjadi minimal alias nyaris nol!” tulis Riyadh dalam posting di akun Facebook-nya.

Saat ditanya apakah tertarik menginstal baterai untuk menyimpan listrik pada siang hari. misal Tesla Power Wall dan menggunakannya di malam hari, ia merasa untuk saat ini belum ekonomis dan perawatannya relatif kompleks.

“Sementara belum. Nggak ekonomis dan ribet perawatannya. Mungkin someday setelah battery Tesla murah dan teknologinya bisa menyederhanakan perawatan battery.” tandasnya.