Hutan Vertikal Paris
Sebanyak 2.000 pohon akan ditempatkan di permukaan bangunan

Bertambahnya populasi penduduk diiringi dengan peningkatan polusi udara di perkotaan merupakan masalah serius yang banyak terjadi di kota metropolitan. Paris mengumumkan proyek hutan vertikal yang berfungsi sebagai apartemen sekaligus mereduksi gas karbon setiap tahunnya.

Hutan vertikal merupakan produk khas arsitek asal Italia, Stefano Boeri yang pertama kali sukses dibangun di Milan. Pria 60 tahun tersebut juga mendapat proyek di Nanjing Vertical Forest dan Liuzhou Forest City beberapa waktu lalu yang mana saat ini sedang dalam tahap konstruksi.

Apartemen bernama Forêt Blanche akan ditempatkan di kawasan Villiers sur Marne, pinggiran kota Paris. Setiap balkon dikombinasikan dengan total 2000 pohon di permukaan luarnya. Bangunan setinggi 54 meter ini akan memiliki perkantoran, layanan publik, dan apartemen tempat tinggal.

Hutan Vertikal Paris 3 - Paris Segera Punya Gedung 'Pembersih Udara'
Kompleks hutan vertikal yang akan dibangun di Paris

Menurut Stefano Boeri Architetti, permukaan hijau pada bangunan setara dengan satu hektar hutan, padahal lahan yang dipakai bangunan hanya satu per sepuluh bagian. Boeri berharap desain ini akan membantu mengatasi masalah polusi udara dan melawan efek perubahan iklim secara global.

Hingga kini pihaknya masih belum merilis jadwal konstruksi atau detail penyelesaian proyek.