Platio Solar Panel
Panel surya dapat menjawab kebutuhan energi listrik terbarukan

Berjalan-jalan di taman merupakan aktivitas yang sering dilakukan sekedar untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran. Sebagian duduk di bangku taman sambil mendengarkan musik lewat earphone mereka, namun menjadi menjengkelkan jika baterai tiba-tiba drop.

Startup asal Hongaria, Platio menghabiskan dua tahun terakhir untuk membuat panel surya modular yang bisa disematkan sebagai ubin di trotoar. Energi listrik yang diserap dari sinar Matahari kemudian bisa digunakan oleh pejalan kaki pada bangku di sekitar trotoar. Bangku tersebut sudah menyediakan port USB standar untuk pengisian daya gadget.

Platio adalah satu dari beberapa proyek pemanfaatan energi terbarukan seperti Wattway, Solar Roadways, dan Pavegen. Panel surya yang dibuat dilapisi kaca kuat, anti selip, dan bersumber dari bahan daur ulang.

Platio Solar Panel
Warga bisa mengisi baterai smartphone melalui port USB yang sudah tersedia

Instalasi panel surya di trotoar pertama kali dilakukan di depan pusat belanja Green Quarter di Astana, Kazakhstan. Instalasi tersebut memakan area sekitar 80 meter persegi dan mampu memberikan output hingga 11.7 kW. Namun hasil panen energi listrik disini digunakan oleh pihak mall sendiri untuk mengurangi ketergantungan listrik konvensional.

Startup menjalin kerjasama dengan Marina System Ibérica S.L. untuk menggelar panel suryanya di pelabuhan kapal di Swedia. Platio juga berkolaborasi dengan Hello Wood dan menghasilkan panel surya untuk disematkan pada bangku lebar disana.