Tesla Solar Roof
Panel surya 'transparan' buatan Tesla segera dilepas tahun ini

Menjadi brand ramah lingkungan mungkin sudah menjadi slogan utama bagi Tesla. Di samping sebagai manufaktur mobil listrik, perusahaan yang dipimpin Elon Musk tersebut juga terjun dalam produksi energi terbarukan. Oktober tahun lalu Tesla mengumumkan Solar Roof yang merupakan atap rumah namun dengan tambahan panel surya di dalam.

Sambil tetap menjaga esensi klasik atap rumah, Solar Roof dibuat sangat mirip dengan genting biasa. Sangat sulit untuk menyadari bahwa sebuah rumah menggunakan atap yang satu ini. Panel surya tertanam di dalam bisa tetap menerima sinar matahari karena lapisan atas genting transparan.

Tesla Solar Roof
Ada beberapa jenis genting yang bisa dipilih sesuai kebutuhan

Selain itu, genting tersebut sangat kuat. Elon Musk sempat memamerkan perbandingan Solar Roof dengan produk sejenis lainnya saat dihantam benda keras. Ternyata genting buatan Tesla tidak pecah, bahkan keretakan pun tidak. Musk juga mengklaim genting ini lebih tahan lama dan mudah dipasang.

Tesla mengumumkan harga Solar Roof berada di angka Rp 290.000 per kaki persegi. Tentu saja harga tersebut tidak termasuk pajak yang berbeda untuk setiap negara. Sedangkan media penyimpanan energi, Tesla menawarkan Powerwall 2 berkapasitas 14 kWh.

Tesla Solar Roof
Tesla Solar Roof menjamin garansi aktif selama 30 tahun

Elon Musk dalam tweet-nya menyebut Solar Roof akan tersedia di hampir semua negara. Pihaknya juga menyediakan pekerja bangunan untuk memasang atap. Tesla Solar Roof tersedia dalam empat versi; Textured, Smooth, Tuscan, dan Slate.