Bau kaki yang sangat “beracun” seringkali terpancar setelah mengenakan sepatu dalam jangka waktu yang lama. Bau ini bersumber dari bakteri yang ada pada keringat, terpendam dalam ruang tertutup sehingga aromanya terakumulasi dengan cepat.

Salah satu cara mengatasi bau kaki ialah dengan menggunakan sepatu yang berbeda setiap hari atau membasuh kaki dengan sabun khusus sebelum mengenakan sepatu. Namun, Panasonic punya ide lain soal masalah ini.

Gadget berjuluk Panasonic MS-DS100 dirancang untuk menghilangkan bakteri penyebab bau di dalam sepatu sehingga kaki tidak terkontaminasi aroma mengerikan usai mengenakan sepatu.

Pembersihan memakan waktu cukup lama

Panasonic MS-DS100 tidak beroperasi dengan cepat, sebaliknya, ia justru memakan waktu antara 5-7 jam untuk sepasang sepatu. Perangkat tersebut menyemburkan ion hidroksil yang bertugas mengangkat bakteri penyebab bau di sepatu.

Dengan durasi tersebut, MS-DS100 lebih optimal digunakan saat akan tidur sehingga esok hari sepatu sudah dalam kondisi bersih. Panasonic juga menambahkan fitur baterai sehingga tidak harus selalu tersambung pada instalasi listrik rumah.

Biaya listrik hanya sekitar Rp 100

Meski dinyalakan terus-menerus dalam waktu yang cukup lama, MS-DS100 diklaim hanya menyedot listrik dalam jumlah minimal. Pihaknya menjelaskan untuk membersihkan sepasang sepatu hanya butuh biaya kurang dari 1 Yen atau Rp 100.

Perusahaan baru akan merilis perangkat penghilang bau sepatu ini pada 20 September mendatang di Jepang. Sayangnya, tidak dijelaskan berapa biaya yang dibutuhkan untuk memiliki Panasonic MS-DS100.