SpinX
Alat yang kamu butuhkan akhirnya muncul

Membersihkan lantai, jendela, atau halaman terbilang pekerjaan yang enteng. Namun ketika dihadapkan untuk membersihkan toilet, kebanyakan orang enggan untuk melakukannya, memilih untuk menunda sampai toilet benar-benar kotor baru dibersihkan. Tentu saja ini bersumber dari persepsi masing-masing orang.

Alat bernama SpinX menawarkan sistem pembersih toilet otomatis yang akan membersihkan hingga ke bagian dalam dalam 90 detik. Kamu hanya perlu menekan tombol dan lengan robotik akan membersihkan dengan sikat yang berputar. Bahkan seusai dibersihkan, toilet akan disiram dengan air dan sabun untuk menghilangkan kuman.

SpinX
Komponen SpinX jika dilihat dari luar

Ide SpinX bermula dari pasangan Hila dan Ariel Ben-Amram yang mengaku repot jika harus membersihkan toilet setiap saat, sebab mereka memiliki empat orang anak. Dengan latar belakang pengusaha, keduanya mengembangkan alat pembersih toilet otomatis selama dua tahun dan sudah memiliki prototipe yang bekerja sesuai rencana.

SpinX dipasang menggantikan penutup toilet. Dengan bentuk agak tebal, di dalamnya tersimpan berbagai komponen elektronik yang tentu saja tahan kelembapan. Alat tersebut menggunakan listrik dari baterai removable yang dapat dipakai sebanyak 30 kali sebelum harus diisi ulang.

SpinX
Baterai 12V memberikan akses pembersihan sebanyak 30 kali

Selain itu pengguna harus mengisi ulang sabun secara berkala pada wadah kecil, namun pihaknya menyebut sekali pengisian cukup untuk 50 pembersihan.

SpinX saat ini menjadi subjek crowdfunding di Kickstarter dengan target dana $50.000 USD. Di saat yang sama kamu juga bisa mendapatkan pembersih toilet otomatis ini seharga $199 USD atau Rp 2,7 juta dan dikirim pada Juli 2018 nanti.

Cek video berikut untuk melihat bagaimana SpinX bekerja: