Nvidia GTX 1180
Nvidia punya kartu grafis yang lebih kuat dari GTX 1080 dan siap muncul tak lama lagi (credit: LauraTara)

Kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1080 masih cukup relevan dengan kebutuhan gaming berat masa kini. CEO Jensen Huang juga mengatakan bahwa kelanjutan dari seri perangkat ini masih sangat jauh. Namun, sejumlah bukti dan rumor kuat justru berkata sebaliknya. Nvidia diklaim sedang menyiapkan peluncuran GTX 1180 pada Agustus mendatang.

Seperti yang dilaporkan dari The Verge, Nvidia akan hadir di ajang Hot Chips bulan depan dengan tajuk “NVIDIA’s Next Generation Mainstream GPU” (GPU umum generasi selanjutnya dari NVIDIA). Pihaknya diduga akan memperkenalkan seri 11 GTX yang dipastikan jauh lebih bertenaga dari varian 10.

Nvidia juga dikabarkan mengundang beberapa media yang mengulas video game seperti Gamescom untuk hadir pada 21 Agustus yang merupakan hari terakhir ajang Hot Chips untuk pameran perangkat komputer. Selain itu, manajer produk dari laptop gaming Lenovo memberi lampu hijau bahwa GeForce GTX 1180 tidak akan lama lagi.

Nvidia GeForce GTX 1180
Kartu grafis yang dirumorkan sebagai GTX 1180

Alih-alih rahasianya dijaga ketat, sebuah foto contoh kartu grafis yang dirumorkan sebagai GTX 1180 tersebar di internet. Terlihat disana beberapa modul GDDR6 buatan Micron tersusun di sekitar GPU. Di saat yang sama, Micron baru saja memulai produksi massal untuk GDDR6 yang siap menggantikan posisi GDDR5 yang telah bertahan lebih dari 10 tahun.

Kemampuan NVIDIA GTX 1180

Ketika dirilis nanti, kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1180 diperkirakan mampu menjalankan video game beresolusi 4K dengan refresh rate 144Hz. Selain itu video game pada virtual reality (VR) dapat berjalan pada 120Hz menggunakan kabel khusus dari Nvidia. Bicara spesifikasi, GTX 1180 dirumorkan hadir dengan 3.584 CUDA core, clock speed antara 1,6 dan 1,8 GHz, serta memory GDDR6 hingga 16GB.

Meski secara khusus dirancang untuk video game berat, kartu grafis tersebut juga berpeluang besar dimanfaatkan oleh penambang Bitcoin. Bahkan Nvidia meminta toko memprioritaskan penjualan GPU ke gamer, bukan miner. Pembelian kartu grafis dalam jumlah besar-besaran oleh miner membuat harganya semakin membengkak dan tidak lagi bisa dicapai oleh konsumen umum.

Kabar baiknya, beberapa laporan menyebut Nvidia telah menemukan cara agar kartu grafis buatannya jatuh ke tangan gamer. Semoga dengan cara tersebut kartu grafis akan dijual dengan harga sepantasnya.