Nissan Self Driving Slipper
Tidak perlu lagi menyusun ulang sendal setelah digunakan

Kita semua tahu bahwa Tesla memimpin dalam teknologi autonomous driving, sementara beberapa manufaktur otomotif raksasa baru saja mulai mengembangkannya. Nissan baru saja merilis video berjudul ProPILOT Park Ryokan yang menggambarkan teknologi parkir sendiri pada sendal.

Benar sekali, sendal tersebut memiliki roda di bagian alasnya agar dapat berpindah. Pengunjung penginapan ryokan bisa melepas sendalnya di luar ruangan dan kembali mendapatinya telah tersusun rapi secara otomatis.

Sendal-sendal itu terhubung dengan WiFi yang dapat dikontrol dari jarak jauh. Tidak hanya sendal, Nissan juga menunjukkan aplikasi serupa pada barang lain, seperti remote TV, bantal duduk, hingga meja. Sisi positifnya, beban pekerja di penginapan tradisional Jepang tersebut dapat berkurang.

Menurut perusahaan, teknologi itu bersumber dari autonomous driving yang telah mereka kembangkan pada mobil. Tentu saja, video tersebut hanya berlandaskan tujuan eksperimen, bukan niat sebenarnya untuk memproduksi sendal self-driving semacam itu.

Pada kendaraan, Nissan ProPILOT dapat digunakan untuk melakukan parkir dengan sendirinya tanpa bantuan pengemudi. Fitur itu baru saja diperkenalkan pada Nissan LEAF di Jepang pada Oktober 2017. Perusahaan bahkan sempat mengatakan banyak mobil berlalu-lalang di jalanan tanpa pengemudi mulai 2020 nanti.

Berikut video ProPILOT yang diaplikasikan pada sendal: