Tesla Semi
Tesla siap geber pasar truk elektrik (credit: Tesla)

Nikola Tesla merupakan salah satu tokoh besar di bidang electrical engineering. Kini namanya diabadikan sebagai perusahaan otomotif, yakni Nikola Motor dan Tesla Motor. Meski mengadopsi dari nama orang yang sama, hubungan keduanya tampaknya tidak begitu akur.

Nikola menggugat Tesla bahwa desain truk mereka telah dicuri oleh perusahaan yang dipimpin oleh Elon Musk tersebut. Dalam gugatannya, perusahaan menyebutkan setidaknya 6 bagian truk yang diklaim dicuri, termasuk desain secara keseluruhan yang tampak mirip.

Nikola One vs Tesla Semi
Kedua bentuk truk memang agak mirip

Tesla baru saja mengumumkan truk elektrik Tesla Semi pada 16 November 2017 lalu. Sementara truk Nikola One sudah meluncur setahun sebelumnya. Namun bukan menggunakan energi listrik, melainkan hidrogen.

Nikola One telah diumumkan pada Mei 2016, sementara saat itu belum ada tanda-tanda Tesla tertarik dengan dunia industri truk. Baru pada bulan Juli perusahaan secara terbuka berniat mengembangkan truk elektrik.

Menariknya, dalam gugatan yang dilayangkan, salah satu perwakilan Tesla dilaporkan menghubungi Nikola untuk merekrut pengembang truk Nikola One. Namun undangan itu tidak dijawab.

Sekitar seminggu sebelum Tesla Semi diluncurkan, Nikola mengirim surat ke Tesla untuk meminta detail desain truk perdana mereka demi mencegah plagiasi desain paten. Tetapi surat tersebut tidak juga dijawab, hingga setelah truk resmi diumumkan, pihak Nikola tampak tidak senang dengannya.

Nikola One vs Tesla Semi
Tweet dari akun resmi Nikola yang ‘mencubit’ Tesla

Nikola menggugat Tesla membayar $2 miliar atau Rp 27 triliun sebagai ganti rugi pelanggaran paten. Namun tampaknya Tesla tidak akan langsung saja membayar uang sebesar itu kepada rivalnya, Nikola.

Walaupun agak mirip, truk dengan desain aerodinamis bukanlah barang baru. Contohnya truk MAN Concept S yang sudah ada sejak 2010, jauh sebelum Nikola One dan Tesla Semi hadir ke hadapan publik.

Shell StarShip
Truk panel surya hasil kerjasama Shell dengan AirFlow Truck

Jika Nikola menuduh Tesla mencuri idenya, mungkin itu terdengar cukup aneh mengingat desain sedemikian rupa telah ada bertahun-tahun lamanya. Bahkan perusahaan Shell dan AirFlow Truck bekerjasama membuat truk yang sekali lagi, lebih mirip dengan Nikola One.

Lantas, apakah gugatan ini akan diresponi oleh Tesla? Kemungkinan besar tidak, perusahaan sedang sibuk merampungkan pesanan Model 3 tahun ini.