Neuroon Open Meditation Band
Tidur adalah waktu terbaik untuk melepaskan tekanan pikiran, terlebih lagi jika tidur itu berkualitas

Jika kamu aktif di internet, istilah lucid dream bukan lagi sesuatu yang asing. Lucid dream sendiri berarti keadaan seseorang yang sadar bahwa ia sedang bermimpi. Dengan kata lain, kamu dapat mengatur mimpi layaknya mengganti saluran televisi. Setidaknya setengah populasi dunia pernah mengalami lucid dream sekali dalam seumur hidupnya.

Sebuah perangkat bernama Neuroon Open menawarkan sensasi tersebut secara instan. Masker tidur ini menyematkan perangkat elektronik yang dapat membaca gelombang otak dan menerjemahkannya sebagai kualitas tidur (sleep tracker). Menurut pengembang, perangkat memiliki fokus utama untuk meditasi dan lucid dreaming.

Neuroon Open Meditation Band
Aplikasi khusus yang memberikan gambaran kualitas tidur

Selagi tidur, data dikumpulkan untuk kemudian dilaporkan lewat aplikasi smartphone pengguna. Lewat hasil tersebut kamu akan diberikan saran terkait kapan waktunya untuk tidur, terbangun, dan hal-hal lain yang dapat membantu kualitas tidur.

Tidak berhenti di situ saja, Neuroon Open memiliki dua buah lampu LED yang menghadap mata. Lampu tersebut berfungsi memicu kesadaran di dalam mimpi tanpa membuat kamu terbangun. Dengan lucid dream, seseorang dapat berkreasi di dunia mimpi, melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan di dunia nyata.

Neuroon Open Meditation Band
Dua buah lampu LED beserta sensor memiliki peran penting

Sulit dibangunkan lewat alarm? Fitur smart wake up akan membangunkan kamu dengan lembut sesuai dengan sesi Rapid Eye Movement atau disingkat REM. Terbangun di siklus REM yang tepat membuat tubuh lebih segar dan “gravitasi” di kasur tidak sekuat saat terbangun di siklus REM yang salah.

Neuroon Open ditawarkan sepaket dengan headband berteknologi EEG. Perangkat tersebut digunakan untuk meditasi dan pemakai tidak harus dalam posisi tidur untuk menggunakannya. Gelombang otak dibaca, kemudian algoritma perangkat memberikan feedback berupa alunan musik lewat headphone. Uniknya musik yang terdengar akan cocok dengan suasana pikiran karena memang didasari kondisi otak.

Neuroon Open Meditation Band
Musik yang disesuaikan gelombang otak akan meningkatkan konsentrasi dan memberikan ketenangan

Perangkat ini sebetulnya sudah dirilis pada 2015 lalu dan sukses terjual lebih dari 10.000 unit, tetapi kali ini Neuroon Open menyediakan versi open source agar perangkat dapat dimodifikasi dengan bebas oleh semua orang.

Neuroon Open membuka penggalangan dana di Kicsktarter dengan target capaian $100.000, namun baru seminggu sudah ada $180.000 dukungan yang mereka terima. Jika kamu berminat, satu set lengkap ditawari seharga Rp 1.3 juta, sementara di retail nantinya akan mencapai Rp 2.6 juta.

Berikut video tentang Neuroon Open: