Kegiatan manusia di abad modern ini selain memberikan keuntungan, di saat yang sama secara perlahan juga ambil bagian dalam proses penghancuran bumi.

Sejak revolusi industri, penggunaan bahan bakar fosil meningkat sehingga mau tidak mau berkontribusi meningkatkan efek rumah kaca. Jika semakin hari kamu merasa hari semakin panas, tampaknya hal tersebut bukanlah opini semata.

Suhu Bumi Meningkat, global warming, climate change, perubahan iklim
Jika kamu merasa hari kian panas, itu adalah sinyal buruk

NASA dan NOAA mengkonfirmasi bahwa dari tahun ke tahun suhu rata-rata bumi mengalami peningkatan. Setelah sebelumnya 2014 dan 2015 tercatat sebagai tahun terpanas, akhirnya “rekor” tersebut dikalahkan oleh 2016.

Laporan NASA menyebut ada peningkatan temperatur permukaan planet mencapai 1 derajat celcius dibanding tahun lalu. Ini berarti secara keseluruhan suhu bumi bertambah 1.1 derajat celcius sejak 1880.

Suhu Bumi Meningkat, global warming, climate change, perubahan iklim
Hasil analisa lengkapnya bisa dilihat disini

Kabar buruknya penambahan suhu sebesar 1 derajat dimulai sejak tahun 2000. Dengan demikian hanya butuh 17 tahun bagi manusia untuk menambah 1 derajat celcius.

Direktur NASA Goddard Institute for Space Studies, Gavin Schmidt berharap rekor mencemaskan ini tidak menjadi trend tahunan.

Suhu Bumi Meningkat, global warming, climate change, perubahan iklim
Pencairan es di kutub adalah sesuatu yang pasti akibat perubahan iklim dan pemanasan global

Penelitian yang dilakukan NASA dan NOAA ini didasarkan pada informasi lebih dari 6.300 stasiun pemantauan cuaca di seluruh dunia.

Hasilnya data-data yang dipaparkan sepakat bahwa aktivitas manusia sukses membakar bumi secara perlahan. Namun masih ada kesempatan untuk mencegah hal yang sama sebelum terjadi pada 2017.

Sumber: NASA