Parker Solar Probe
Pendaftaran hanya akan dibuka sampai 27 April

Wahana Parker Solar Probe akan dikirim ke orbit Matahari tahun ini dengan tujuan memahami bintang terdekat itu lebih baik lagi. Wahana setinggi 3 meter ini membawa instrumen saintifik serta lapisan pelindung karena jaraknya hanya 6 juta km dari permukaan Matahari.

Kali ini NASA kembali melanjutkan tradisi untuk mengirim nama orang ke luar angkasa. Jika kamu melewatkan kesempatan pada misi InSight ke Mars, pendaftaran untuk Parker Solar Probe baru saja dibuka.

Kamu hanya perlu mengisi formulir yang disediakan dan melakukan konfirmasi melalui email. Nantinya kamu akan menerima sertifikat tiket berbentuk dokumen PDF yang dapat diunduh dan dicetak.

Sementara itu informasi nama akan dimasukkan ke dalam sebuah chip yang juga dibawa oleh wahana tersebut. Chip berukuran kecil mampu menyimpan hingga jutaan nama, cara ini sudah dilakukan NASA pada beberapa misi sebelumnya.

Rencananya Parker Solar Probe akan diluncurkan pada musim panas di belahan Bumi bagian utara, atau sekitar bulan Juni hingga September.

Jarak terdekatnya dengan Matahari hanya 6 juta kilometer, materialnya harus mampu menahan suhu ekstrim hingga 1.377 derajat. Jarak sedemikian ekstrim ini sebelumnya belum pernah dilakukan.