Bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, dan tsunami menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang karena potensi kerusakan dan bahayanya. Namun, di luar Bumi terdapat benda angkasa yang tak terhitung jumlahnya dimana salah satu berukuran besar dapat menabrak planet kita dan menghanguskan kehidupan di atasnya.

Atas dasar ini, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan ilmuwan dari seluruh dunia membuat pesawat luar angkasa nirawak yang bertugas membelokkan asteroid saat mengarah ke Bumi. Proyek itu dinamakan Hypervelocity Asteroid Mitigation Mission for Emergency Response (HAMMER).

Meteor yang jatuh di Chelyabinsk, Rusia pada 2013 menjadi bukti kedahsyatan hantaman asteroid. Bobot meteor itu sendiri berkisar 10 ton saat memasuki atmosfer Bumi. Ledakan yang dihasilkan di langit memicu kerusakan sekitar 3.000 bangunan dan ribuan korban luka lainnya.

NASA temukan asteroid raksasa yang sedang dalam perjalanan mendekati Bumi

Asteroid Bennu
Asteroid Bennu

Asteroid ini bernama Bennu, berukuran diameter 500 meter dengan bobot 80 juta kilogram. Pihaknya mengatakan jika objek angkasa ini menabrak Bumi, daya hancurnya akan mencapai 1.200 megaton bom atau 80.000 kali lebih kuat dari bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima tahun 1945.

Misi HAMMER untuk pukul asteroid sebelum sampai ke Bumi

HAMMER
Alat pembelok asteroid

Asteroid Bennu masih sekitar 100 tahun lagi sebelum mendekati Bumi, namun NASA dan saintis lainnya sudah harus merancang alat pencegah tabrakan. HAMMER memiliki tenaga yang cukup untuk memukul asteroid sehingga arahnya berubah. Namun itu perlu dilakukan selagi asteroid masih ratusan juta kilometer dari Bumi demi hasil yang efektif.

Kirsten Howley, saintis Lawrence Livermore National Laboratory (LLNL) yang berkontribusi dalam perencanaan ini mengatakan setidaknya HAMMER sudah diluncurkan 50 tahun sebelum benturan.

Jika HAMMER tidak berhasil, ilmuwan masih punya alternatif dengan meledakan asteroid

Proyek HAMMER diperkirakan memakan waktu belasan tahun dengan mengirim puluhan roket ke dekat asteroid. Apabila cara itu tidak berhasil, penduduk Bumi masih punya cara lain, yakni dengan meledakan asteroid dengan nuklir. Sehingga terpecah menjadi serpihan yang lebih kecil dan tidak membahayakan Bumi.

Metode ini pula yang menjadi inspirasi dalam film Armageddon tahun 1998. Mungkin saja cara tersebut dipakai ketika memang ada asteroid yang datang menghampiri.