Automatica
Robot-robot ini dilatih untuk memainkan musik, hasilnya tak kalah dari manusia

Video klip dari sebuah album musik seringkali diisi oleh personel band yang beraksi memainkan musiknya. Namun bagaimana jika pemain musik tersebut digantikan oleh robot? Hal inilah yang terjadi pada sebuah lagu bertajuk Automatica.

Nigel John Stanford, seorang seniman yang memiliki latar belakang insinyur mencoba memanfaatkan tiga buah robot industri yang dipinjamkan kepadanya dari sebuah perusahaan asal Jerman. Ia membuat orkestra dimana robot-robot tersebut memainkan alat musik dengan lihai.

Automatica
Dengan presisi 0.3 milimeter, memetik senar gitar dengan benar bukan hal sulit

Robot industri diketahui memiliki presisi gerakan yang tinggi serta dapat diprogram untuk melakukan hal apapun. Di dalam garasi rumahnya, Stanford mencoba memprogram robot tersebut selama beberapa minggu. Setelah melalui trial and error yang begitu banyak, robot siap untuk tampil di depan kamera.

“Masalah utamanya saya hanya memiliki tiga robot tetapi ingin membuatnya terlihat ada 16 di dalam video” kata Stanford. Untuk itu timnya memanfaatkan teknik pengambilan gambar khusus serta pengeditan visual di komputer.

Automatica
Hanya ada tiga robot yang dimiliki, sehingga pengambilan gambar perlu dilakukan berulang-ulang

Dalam video ini robot memainkan setidaknya lima instrumen antara lain drum, bass, piano, piringan berputar, dan penyintesis. Menurut Stanford, piano dan penyintesis adalah instrumen yang paling mudah diajarkan, sementara piringan berputar DJ cukup menantang sebab menekannya terlalu keras akan menghancurkannya.

Proyek ini sudah dimulai sejak dua tahun lalu. Stanford menyebut ada sejumlah video lain yang akan dirilisnya. Dirinya juga mengatakan sangat mungkin suatu saat robot-robot ini akan tampil langsung di atas panggung. Selain robot, Artificial Intelligence (AI) juga telah dikembangkan untuk memainkan bahkan menciptakan musiknya sendiri.

Penasaran seperti apa aksi robot-robot tersebut? Simak videonya: