Jaguar Future-Type
Konsep mobil masa depan milik Jaguar

Kemampuan otonom atau kemudi sendiri dapat dipastikan menjadi fitur yang hadir pada mobil masa depan. Bahkan pengembangannya sudah mulai digalakkan sejak beberapa tahun terakhir. Produsen otomotif asal Inggris, Jaguar tidak ingin ketinggalan mengenalkan konsep mobil masa depan buatannya yang akan diluncurkan beberapa dekade ke depan.

Adalah Jaguar Future-Type, mobil pribadi yang akan memanjakan pemiliknya. Dilengkapi kecerdasan buatan (AI), mobil tidak hanya bisa mengemudi otomatis tetapi juga berkomunikasi dengan mobil lain dan memahami perintah lewat suara. Hal ini tidak bisa dilepaskan oleh kemudi pintar bernama Sayer.

Alih-alih sebagai roda kemudi, Sayer justru tak ubahnya asisten digital seperti Siri dan Cortana. Kamu dapat menyuruhnya membuka pintu, mencari jalan pintas, memanggil mobil, hingga bisa dihubungkan dengan sistem smarthome.

Jaguar Future-Type
Dengan bentuk yang cukup kecil, hanya ada tiga orang yang bisa menumpang di dalam

Future-Type bukan untuk mobil keluarga, terlihat dari desain interiornya yang hanya mampu memuat tiga penumpang termasuk pengemudi. Dengan energi listrik, mobil lebih ramah lingkungan serta minim polusi suara. Jaguar mengklaim baterai akan selalu dalam kondisi penuh, kemungkinan besar mobil dapat mengisi baterainya sendiri saat berada di level rendah.

Selagi masih dalam tahap konsep, Jaguar tidak bisa memberikan banyak detil terkait Future-Type sebab sangat besar kemungkinan teknologi di masa depan berubah signifikan. Perusahaan menargetkan mobil akan mulai beroperasi pada 2040 dan setelahnya.

Berbeda dengan Jaguar, Mercedes justru melihat pasar taksi akan cukup mendominasi moda transportasi masa depan. Pihaknya mengumumkan konsep taksi online Smart Vision EQ ForTwo yang bisa “mangkal” di tempat-tempat ramai calon penumpang.

Video konsep Jaguar Future-Type: