Volvo Concept 40.2 profile
Volvo berencana merilis Polestar 2 sebagai jawaban atas mobil listrik murah (credit: Autocar)

Predikat mobil listrik murah hingga kini masih dipegang Tesla Model 3 yang baru saja memasuki fase produksi penuh akhir bulan lalu. Sedan elektrik yang dibanderol mulai $35.000 atau Rp 466 juta tersebut memiliki opsi upgrade seperti jarak tempuh, performa, interior, roda, dan sebagainya sehingga varian tertinggi bisa menelan hingga $80.000.

Volvo meresponi tren mobil elektrik dengan rencana merancang Polestar 2 yang disebut-sebut menjadi penantang Tesla yang cukup relevan. Pasalnya mobil akan dibanderol sekitar $40.000 atau Rp 580 juta namun punya kemampuan jarak tempuh hingga 563 kilometer.

Sementara Model 3 untuk varian jarak tempuh terjauh dijual Rp 586 juta dengan jangkauan 500 km.

Menurut interview dengan Autocar, COO Polestar Jonathan Goodman mengatakan harga itu merupakan untuk versi dasar, alias yang termurah. Dalam konteks ini bisa dibilang varian dasar Polestar 2 menawarkan jarak tempuh lebih jauh daripada varian tertinggi Tesla Model 3.

Sementara itu varian tertinggi Polestar 2 akan dibanderol $66.000 namun belum dijelaskan kemampuan jarak tempuhnya. Tetapi bisa dipastikan mobil ini masuk ke dalam kategori premium.

Pengumuman Volvo untuk merilis mobil elektrik Polestar 2 yang lebih murah dari Model 3 tidak serta-merta membuat Tesla dalam posisi bahaya. Faktanya mobil ini baru akan memulai debut di Geneva Motor Show pada Maret tahun depan sementara Model 3 sudah memasuki produksi massal dan siap menghasilkan uang dalam beberapa bulan mendatang.

Terlepas dari itu, kehadiran Polestar 2 mungkin saja membuat calon konsumen Model 3 mulai berpikir ulang terkait mobil yang akan dibelinya di masa mendatang.