Charging Point Street Lamp
Mengisi mobil listrik bisa dilakukan di pinggir jalan

Meningkatnya minat masyarakat terhadap kendaraan elektrik mendorong pemerintah dan perusahaan untuk menambah stasiun pengisian listrik. Namun lokasinya seringkali berada di titik yang jauh dari pemukiman. Untuk itulah perusahaan asal Berlin, Ubitricity mengkonversi lampu jalan menjadi titik pengisian bagi mobil listrik.

Perusahaan telah memulai proyeknya sejak 2015 di London. Sejak saat itu, jumlahnya terus meningkat dan terus memperluas jaringannya ke kota lain. Misalnya 50 SimpleSockets, sebutan untuk teknologi tersebut akan memulai instalasi di Kensington dan Chelsea.

Charging Point Street Lamp
Cara ini memungkinkan penghematan instalasi karena tidak perlu membongkar kabel lama

Proses konversi ini ialah dengan mengganti lampu jalan lama dengan lampu LED hemat energi. Dengan demikian tersedia ruang tambahan untuk memasang panel pengisian listrik. Cara ini cukup efektif karena tidak perlu membongkar jalanan hanya untuk memasang kabel baru.

Pemilik mobil hanya perlu menyambungkan charger ke tiang dan pengisian otomatis berjalan. Ubertricity menawarkan biaya berlangganan per bulan sebesar 8 Euro atau Rp 127 ribu. Namun pengguna juga bisa menggunakan sistem pay per charge yakni sebesar Rp 2.500/kWh.

Menurut perusahaan, seluruh tiang lampu yang dikonversi dapat segera beroperasi pada akhir Januari 2018.