Sion EV Sono Motors
Meski bukan sumber energi utama, tetapi panel surya ini cukup untuk perjalanan puluhan kilometer

Tahun lalu startup asal Jerman Sono Motors membuka penggalangan dana di Indiegogo untuk menopang biaya manufaktur mobil elektrik yang dijuluki Sion. Mobil berjenis compact hatchback tersebut ditujukan untuk perjalanan jarak dekat atau komuter. Uniknya, sebagian besar lapisan luar mobil ditempeli panel surya.

Sion memiliki panel surya dengan luas 7.5 kaki persegi di bagian kap depan, atas, dan pintu mobil. Sebanyak 330 sel surya berdaya masing-masing 3.65 watt diklaim dapat memberikan energi untuk 30 kilometer perjalanan sehari bergantung kondisi. Sebagai mobil listrik mainstream, sumber energi utama tetap berasal dari instalasi listrik rumah.

Sion EV Sono Motors
Visual mobil sangat baik jika menggunakan warna hitam supaya panel surya tersamarkan

Selain Sion, Lightyear One juga merupakan salah satu mobil yang memanfaatkan matahari sebagai sumber energinya. Namun masih sebatas konsep dan baru akan memperlihatkan wujud jelasnya pada 2018.

Mobil keluarga ini mempunyai motor elektrik 80 kW dengan transmisi tunggal yang mampu melesatkannya hingga kecepatan 140 kilometer per jam. Kecepatan tersebut sudah lebih dari cukup untuk keperluan kaum urban.

Masuk ke dalam mobil terdapat layar sentuh 10 inci yang menjadi panel kontrol sejumlah fitur, rem ABS, airbag untuk pengemudi dan penumpang. Sono Motors mengatakan sistem distribusi udara dirancang agar tidak mudah kotor, pihaknya menyebut pembersihan bisa dilakukan setahun sekali.

Sion EV Sono Motors
Bagian dalam mobil cukup minimalis

Baterai Sion dalam kondisi penuh mampu mengakomodasi jarak hingga 250 kilometer. Cukup untuk membawa kamu dari Jakarta ke Kabupaten Sukabumi pulang-pergi. Pengisian bersifat convertible, artinya bisa mengisi daya mobil lain. Mobil ini dapat membawa trailer dengan beban maksimal 750 kilogram.

Saat ini peminat bisa memesan mobil dengan harga Rp 250 juta per unitnya lewat situs resmi Sono Motors. Tetapi perlu dicatat proses manufaktur baru akan dimulai pada 2018 dan pengiriman ke pembeli pada 2019 mendatang.