Tesla Power Pack
Tesla Power Pack di Australia Selatan (credit: Latimes)

November tahun lalu Tesla sukses membangun instalasi baterai terbesar di dunia yang berlokasi di Australia Selatan. Fasilitas tersebut dilaporkan memakan dana sekitar $50 juta dan menargetkan daya untuk 30.000 rumah apabila tidak ada angin yang menggerakkan Hornsdale Wind Farm.

Baru beberapa bulan berdiri, gelar tersebut tampaknya akan digeser oleh perusahaan lain. Sebuah sistem baterai baru akan dibangun di Port Augusta, Australia Selatan, wilayah yang sama dengan Tesla Powerpack.

Menurut laporan, miliuner asal Inggris, Sanjeev Gupta dengan perusahaannya Liberty House sedang mengembangkan instalasi baterai super besar berkapasitas 140 MWh dengan output daya mencapai 120 MW. Sementara itu Tesla saat ini memegang rekor dengan kapasitas 129 MWh dan 100 MW output di Jamestown, Australia Selatan.

Proyek ini nantinya akan menunjang pembangkit listrik tenaga surya yang juga dikerjakan disana. Saat kondisi malam, baterai yang menyimpan energi dan menyalurkannya ke rumah-rumah.

Pemerintah Australia dalam beberapa tahun terakhir memang sedang gencar membangun energi bersih. Salah satunya adalah proyek panel surya thermal terbesar di dunia.

“Target ini akan mempercepat transisi dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan dan biaya (listrik) rendah untuk penduduk Australia Selatan.” kata Perdana Menteri Jay Weatherill.

Konstruksi fasilitas baterai baru rencananya akan dimulai tahun ini dengan tanggal penyelesaian yang belum diumumkan.