Russian Exoskeleton Combat Suit
Terinspirasi dari video game, Rusia akan buat pakaian tempur modern

Jika kamu pernah bermain video game bertema perang modern, konten game tak lepas dari beragam armor atau pakaian tempur bergaya futuristik. Tak jarang pakaian tersebut turut berperan dalam peningkatan kekuatan prajurit. Kini militer Rusia tengah mengembangkan pakaian tersebut.

Dikembangkan oleh lembaga negara Central Research Institute for Precision Machine Building, pakaian tempur yang terinsipirasi dari sci-fi ini akan memiliki fitur exoskeleton. Exoskeleton berperan untuk meningkatkan kekuatan pemakainya. Dengan sedikit tenaga, benda berbeban berat pun dapat terangkat.

Selain itu, material proteksi dapat bersifat tahan peluru dan tak dapat ditembus serpihan tajam akibat bom. Pada bagian helm akan dilengkapi layar sehingga tampak seperti augmented reality. Tetapi perlu dicatat kostum yang ada saat ini masih dalam tahap prototipe. Desainer berharap proses produksi akan dimulai beberapa tahun mendatang.

Russian Exoskeleton Combat Suit
Kaca helm nantinya memiliki layar untuk memberikan detil penting terkait pertempuran

Untuk saat ini sang desainer masih terus menyempurnakan pakaian tempur masa depan ini. Bahkan menghabiskan banyak waktu untuk memainkan video game bertema perang modern dengan harapan ada inspirasi lain yang dapat dituangkan.

Selain Rusia, Amerika Serikat juga sudah melakukan pengembangan pakaian tempur serupa yang diberi nama Tactical Light Operator Suit (TALOS). Rumor menyebutkan bahwa TALOS akan dilengkapi kemampuan untuk terbang, hal ini disampaikan Elon Musk saat ia berkunjung ke Pentagon.