Surface Pro LTE Advanced
Surface Pro LTE Advanced

Microsoft baru saja merilis video Surface Pro LTE Advanced sebagai bentuk peresmian produk tablet tersebut ke publik. Sesuai namanya, Microsoft membenamkan upgrade tambahan berupa kartu SIM sehingga pengguna dapat menggunakan koneksi 4G secara mandiri melalui tablet.

Menurut laman Surface Pro LTE Advanced, tablet ini tidak jauh berbeda dengan saudaranya yang merupakan model standar. Hanya saja di bagian belakang terdapat slot nano-SIM berdekatan dengan slot MicroSD.

Hardware LTE yang digunakan adalah model Qualcomm X16 yang sudah mendukung jaringan Cat 9 berkecepatan 450 Mbps. Selain itu, Microsoft juga menanamkan fitur GPS yang mana sangat berguna untuk aplikasi yang memerlukan informasi lokasi dan navigasi. Di luar dari tambahan koneksi 4G, tidak ada perbedaan tablet ini dengan saudara kembarnya.

Microsoft mengklaim durasi baterai menggunakan jaringan 4G LTE bisa mencapai 12.5 jam dalam pengujian video.

Versi termurah dengan Intel Core M, SSD 128 GB, dan RAM 4 GB dibanderol seharga Rp 11,4 juta. Sedangkan varian tertinggi mengusung Intel Core i7, SSD 1 TB, dan RAM 16 GB dihargai Rp 38,5 juta.

Aksesoris seperti, Surface Pen, Surface Keyboard, Surface Arc Mouse, dan Surface Dial semuanya dijual secara terpisah.

Microsoft telah membuka pre-order Surface Pro LTE Advanced lewat halaman resminya atau retail resmi yang menawarkan produk tersebut. Rencananya, tablet premium tersebut akan mulai dikirim ke pemesan pada 1 Mei 2018 mendatang.