Microsoft Umumkan Headset Hasil Kawinv VR dengan AR: Windows Mixed Reality

Windows Mixed Reality
Tidak ingin mengikuti tren, Microsoft coba menawarkan sesuatu yang baru

Virtual Reality (VR) adalah teknologi headset yang memungkinkan pemakainya “terjun” di dalam dunia simulasi 3D seperti video game. Sementara Augmented Reality (AR) hanya membawa konten visual untuk kemudian dipadukan dengan dunia nyata. Namun Microsoft baru saja mengumumkan Windows Mixed Reality. Lantas apa maksudnya?

Terlepas dari status HoloLens yang masih belum jelas kehadirannya untuk publik, Microsoft mencoba peruntungan baru lewat produk yang disebutnya Windows Mixed Reality. Bisa dikatakan headset ini menggabungkan VR dengan AR, artinya kamu bisa menikmati dua konten berbeda dalam satu perangkat.

Di satu sisi kamu bisa masuk ke mode VR yang otomatis menghilangkan pandangan sekitar. Tetapi berkat kehadiran kamera, mode AR menjadi sangat mungkin untuk digunakan. Begitu pula dengan konten, Microsoft menjanjikan pengalaman yang tidak biasa.

Headset Windows Mixed Reality rancangan Dell

Microsoft memang tidak memproduksi headset Mixed Reality namun memberikan hak produksi pada brand terkenal seperti Dell, Lenovo, Asus, Acer, dan lainnya. Perusahaan lain seperti Steam juga digandeng untuk membawa video game versi Mixed Reality mereka ke layanan Windows Store.

BACA JUGA:  AxonVR, Perangkat Virtual Reality Pertama dengan Sensasi Sentuhan

Kontroler Windows Mixed Reality mengusung konsep yang sama dengan VR, tetapi Microsoft menambahkan titik-titik LED yang tersebar untuk mempermudah tracking. Ternyata cara ini cukup efektif dan memberikan kontrol yang sangat akurat.

Microsoft membebaskan manufaktur untuk membuat kontroler sendiri, namun titik-titik LED adalah kewajiban

Beberapa manufaktur sudah mengumumkan kesediaan headset Windows Mixed Reality bersama dengan kontrolernya. Sebagian besar produk akan dijual pada Oktober mendatang dengan harga bervariasi, mulai Rp 4 juta hingga Rp 7 juta bergantung merek dan fitur unggulan.

Bagaimana pendapatmu dengan produk Windows Mixed Reality? Apakah akan sukses di pasaran atau hanya sekedar menjadi euforia seperti yang terjadi pada HoloLens?