Surface Tablet
Microsoft Surface mahal? Tenang, varian murah akan dirilis nanti (credit: Microsoft)

Microsoft punya jajaran laptop dan tablet berjuluk Surface yang punya kesan premium dan mewah. Bukan bicara soal harga semata, tetapi juga fitur eksklusif, dukungan software, dan kemampuan hardware yang bisa dibilang belum dimiliki brand lain. Sayang, tidak banyak orang yang mengadopsi perangkat ini karena vendor lain menawarkan konten sejenis dengan harga lebih kompetitif. Jelas bagi Microsoft bahwa merilis varian Surface versi murah akan membantu pertarungan di pasar tersebut.

Mei lalu Bloomberg melaporkan perusahaan pencipta sistem operasi Windows tersebut merencanakan jajaran Surface yang lebih terjangkau untuk bersaing dengan iPad milik Apple. Kabar ini bukan isapan jempol belaka.

Media asal Jerman WinFuture menemukan petunjuk kuat soal keberadaan varian Surface terbaru lewat dokumen yang diunggah oleh Federal Communications Commission (FCC).

Tablet tersebut akan memiliki layar 10 inci dengan sudut melengkung, berjalan pada Windows 10 Pro dan diberdayakan oleh prosesor Intel. Sementara sektor penyimpanan akan mengandalkan SSD berkapasitas 64 hingga 128 GB. Microsoft juga kemungkinan turut memboyong versi LTE pada tablet ini usai sebelumnya dibenamkan pada Surface Pro.

Surface versi murah ini diperlengkapi baterai besar yang sanggup menyokong hingga 9,5 jam pemakaian, sedangkan metode pengisian mengandalkan USB tipe C.

Pada laporan lain dari WinFuture, tablet ini kemungkinan akan menggunakan prosesor yang lebih rendah. Alih-alih menggunakan i3, prosesor Intel Pentium N5000 untuk varian dasar dan Pentium Gold 4410Y atau Pentium Gold 4415Y untuk yang lebih mahal.

Tablet itu dirumorkan bakal dibanderol sekitar $400 atau Rp 5,7 juta, nyaris 4 kali lebih murah dari Surface Pro yang ada saat ini. Sayangnya, belum ada konfirmasi resmi dari Microsoft perihal berita ini. Meski demikian, keberadaan dokumen pada FCC menjadi bukti utama bahwa produk tersebut dipastikan dilepas di pasaran suatu saat.