Microsoft Surface Hub 2
Microsoft Surface Hub 2 tampil dengan desain lebih baik dibanding pendahulunya

Pada 2016 lalu, Microsoft merilis Surface Hub, sebuah papan tulis digital berdimensi 55 inci yang ditujukan untuk ruang meeting atau aktivitas kantor lainnya. Namun produk tersebut cuma laku kepada 5.000 pembeli saja. Kini, perusahaan kembali meluncurkan Surface Hub 2 dengan harapan bisa memperbaiki popularitas pendahulunya yang nyaris tenggelam.

Surface Hub 2 memiliki dimensi diagonal 50,5 inci. Meski lebih kecil, tetapi kepadatan piksel di layar lebih tinggi, yakni beresolusi 4K dengan rasio 3:2 dan bezel super tipis. Ditambah lagi kemampuan rotasi layar hingga 90 derajat membuat perangkat ini lebih menarik dibanding versi sebelumnya.

Sistem operasi yang dipakai masih Windows 10, tetapi Microsoft menyajikan interface yang lebih cair dan dinamis. Apabila layar dirotasi, konten di dalamnya segera menyesuaikan tempat secara otomatis. Ini juga memudahkan pengguna sehingga tidak perlu mengatur kembali posisi konten yang ingin terlihat.

Surface Hub 2
Beberapa layar bisa digabung menjadi satu

Pada bagian atas layar, terdapat kamera 4K disertai mikrofon yang memungkinkan aktivitas video conference. Kamera tersebut diklaim punya sudut pandang luas sehingga bisa mencakup seluruh orang yang ada dalam ruangan rapat.

Fitur lainnya yang membuat Surface Hub 2 tampak signifikan ialah kemampuan untuk digabung dengan layar lainnya. Microsoft tengah mengerjakan semacam mount agar beberapa layar Surface Hub 2 bisa digabung satu sama lain dan membentuk satu buah layar yang lebih lebar.

Microsoft berencana merilis Surface Hub 2 pada 2019. Pihaknya masih terus menyempurnakan segala aspek dalam perangkat ini agar bisa berkompetisi dengan produsen lain, semisal Google Jamboard. Perusahaan juga berjanji harganya akan sangat kompetitif nantinya.

Berikut video trailer Microsoft Surface Hub 2: