Xbox Adaptive Controller

Memiliki kekurangan pada bagian fisik tubuh menyulitkan aktivitas sehari-hari, termasuk bermain video game. Beberapa penyandang disabilitas atau cidera pada saraf tidak mampu mengoperasikan kedua tangannya dengan baik, bahkan menekan sebuah tombol pada kontroler biasa adalah hal yang sulit. Untuk itu, Microsoft melalui Xbox menjawab persoalan ini.

Dijuluki Xbox Adaptive Controller, merupakan kontroler konsol video game Xbox yang dirancang khusus untuk orang-orang dengan disabilitas. Microsoft membenamkan banyak fitur yang sekiranya memudahkan dalam bermain game.

Secara fisik, kontroler ini berbentuk persegi panjang dengan dua tombol besar yang dapat diprogram. Lalu di sisi depan terdapat 19 buah port Jack 3.5 dimana gamer dapat menghubungkannya dengan kontroler lain seperti joystick, keypad, atau alat yang dibuat sendiri.

Xbox Adaptive Controller
Detil spesifikasi Xbox Adaptive Controller

“Dengan Xbox Adaptive Controller, gamer dapat memainkan video game dengan satu tangan dan kaki, atau satu tangan dengan pundak, atau kaki dengan dagu.” kata James Shields, Microsoft Product Marketing.

Selain kaum disabilitas, kontroler tersebut juga dapat digunakan oleh orang-orang yang mengalami penurunan kemampuan fisik akibat kecelakaan atau penyakit. Puluhan port yang tertanam pada Adaptive Controller memungkinkan kustomisasi cara memainkan game, tidak bergantung lagi pada anggota gerak seperti kaki dan tangan.

Keputusan Microsoft untuk membuat kontroler seperti ini mendapat banyak sambutan positif, termasuk diantaranya therapist. Salah satu therapist di Craig Hospital, Colorado mengatakan berkat video game orang mulai mau kembali beraktivitas.

Xbox Adaptive Controller
Dapat digunakan bersamaan dengan kontroler tradisional

“Peran kami sebagai sebagai therapist adalah mendorong orang untuk kembali beraktivitas. Ketika Xbox Adaptive Controller datang, alat ini bekerja seperti kontroler Xbox (tradisional). Dan (cara) itu berhasil.” katanya.

Sejauh ini baru Microsoft yang telah mengumumkan kontroler konsol untuk disabilitas. Sementara Sony PlayStation, Nintendo, dan platform PC belum terdengar tanda-tandanya. Namun sangat mungkin bahwa tren ini akan hadir di konsol lain.

Xbox Adaptive Controller rencananya akan dirilis tahun ini dengan harga $99 atau Rp 1,4 juta. Sesuai namanya, kamu hanya bisa menggunakannya pada konsol Xbox.