Cubit Measurement
Layar LCD menampilkan angka-angka secara real-time

Meteran secara umum berarti alat untuk mengukur sesuatu. Dalam konteks ini meteran digunakan pekerja bangunan untuk melakukan renovasi rumah atau dekorasi ruangan. Berkat teknologi, kini meteran menghadirkan banyak fungsi yang membantu kamu untuk renovasi atau dekorasi ruangan.

Plott, startup berbasis di New Jersey, Amerika Serikat memperkenalkan produknya yang bernama Cubit. Meteran digital ini memiliki dua buah laser yang mampu mengukur ruang dengan jarak maksimal 30 meter di setiap sisinya. Untuk beberapa kondisi kamu tetap bisa menggunakan sensor roda untuk pengukuran pada benda dengan permukaan halus.

Cubit Measurement
Layar LCD menampilkan angka-angka secara real-time

Cubit dilengkapi layar LCD kecil yang memberikan informasi ringkas terkait pengukuran. Sementara itu informasi lebih spesifik dapat dilihat melalui smartphone yang terhubung via Bluetooth. Plott menjelaskan meteran memiliki fiturĀ mixed reality dimana pengguna mendapatkan visual ruangan sebelum mereka mulai mendekorasi.

Cukup ambil gambar menggunakan smartphone, kemudian aplikasi Cubit akan memberikan panduan dekorasi berdasarkan pengukuran yang sudah dilakukan sebelumnya. Kamu bisa memindahkan objek serta melihat hasilnya.

Cubit Measurement
Memotret sisi ruangan, lalu atur penataan benda lewat smartphone

Akurasi laser mencapai 3.2 milimeter, sementara roda 0.02% yang artinya kamu tidak perlu khawatir dengan hasilnya. Baterai internal dapat bertahan hingga 3000 kali pengukuran dalam sekali pengisian. Aplikasi Cubit tersedia untuk perangkat iOS dan tentunya Android.

Jika kamu berminat memiliki Cubit, satu unitnya ditawari mulai Rp 520.000 via halaman crowdfunding Indiegogo. Proyek penggalangan dana akan berlangsung selama 3 minggu ke depan dengan target Rp 400 juta.

Sekilas Cubit mirip dengan meteran digital Bagel yang sama-sama memanfaatkan teknologi laser. Hanya saja jika dilihat dari kemampuannya, Cubit membawa lebih banyak keunggulan dibanding pendahulunya.