Aplikasi Tersesat
Kamu tetap bisa meminta bantuan tanpa harus terhubung dengan sinyal telepon

Sebagian orang sangat menyukai tantangan dengan melakukan traveling ke tempat asing yang biasanya belum terjamah manusia. Walaupun menawarkan keindahan luar biasa, tetapi akan sangat bermasalah jika kamu kehilangan orientasi arah.

Smartphone mungkin bisa menolong kamu dengan meminta pesan bantuan lewat telepon. Namun jika tidak ada sinyal sinyal, hal itu sangat tidak mungkin. Sebuah tim dari University of Alicante tengah menjawab tantangan ini dengan menciptakan aplikasi untuk melacak posisi tanpa membutuhkan sinyal menara telepon.

Prototipe aplikasi memanfaatkan fitur WiFi pada smartphone yang dapat dipakai sebagai pelacak dari jarak beberapa kilometer. Menurut pengembang, sinyal WiFi mengandung koordinat lokasi, serta memungkinkan mengirim pesan singkat.

Agar sinyal dapat tertangkap oleh tim penyelamat, mereka perlu membeli antena khusus untuk melacak posisi smartphone korban hilang. Menurut pemimpin proyek ini, Profesor José Ángel Berná, mengklaim harga antena sangat rendah dibanding pelacak dengan sistem triangulasi telepon.

“Ada perangkat yang memungkinkan mendeteksi sinyal telepon dari smartphone dan menemukan lokasinya melalui triangulasi, namun itu membutuhkan €80,000 (Rp 1,4 miliar) dan penggunaan helikopter.”

  Benar-benar Ada! Case Smartphone Sekaligus Drone Selfie

Sebagai perbandingan, antena reseptor untuk WiFi hanya dihargai Rp 10 juta. Dengan demikian pemanfaatan teknologi ini dapat menjangkau tim penyelamat dalam jumlah yang besar.

Saat ini prototipe aplikasi tanpa nama tersebut berhasil diujikan di laut dan daratan. Selagi masih terus dikembangkan, tim belum memberikan tanggal perilisan untuk publik.