Manusia adalah makhluk yang lemah, namun berkat kecerdasan maka kita bisa bertahan hidup dari berbagai kemungkinan kematian, seperti kecelakaan mobil.
Mobil telah dirancang dengan sistem keselamatan yang sesuai standar. Mulai dari kerangka, penempatan komponen, hingga fungsi airbag akan meredam tubuh kita ketika terjadi benturan keras di mobil.
Namun kecepatan yang tinggi seringkali membuat sistem keselamatan tidak cukup kuat untuk benar-benar menjaga penumpang di dalamnya. Sehingga angka kematian akibat kecelakaan pun masih tinggi.
Atas alasan tersebut, Traffic Accident Commision di Victoria menciptakan Graham, sebuah karya seni berbentuk humanoid yang diklaim punya anatomi tubuh yang bisa meredam benturan keras ketika berkendara.
Meski Aneh, Ini Bentuk Tubuh yang Bisa Selamat dari Kecelakaan
Graham menjadi model karya seni yang menarik perhatian, tetapi fungsi utamanya adalah sebagai media edukasi bagi siswa terkait kecelakaan lalu lintas.
Patung ini dibuat oleh pematung asal Australia, Patricia Piccinini yang bekerjasama dengan seorang ahli bedah dan penyidik kecelakaan.
Ternyata dalam proses pembuatannya tergolong agak sulit sebab bentuknya yang tidak biasa. Mereka berusaha merancang agar tubuh Graham sanggup bertahan dari tabrakan keras.
Meski Aneh, Ini Bentuk Tubuh yang Bisa Selamat dari Kecelakaan
Graham digambarkan punya kepala yang melebar, tidak ada leher, bentuk kaki yang aneh, dan di dadanya ada bantalan yang berfungsi untuk melindungi tulang rusuk.
Tidak hanya organ luar, bagian dalam tubuhnya berbeda dengan manusia normal. Bagian depan kepala ditutupi lemak, tengkorak lebih tebal, pada otak mempunyai jaringan yang terhubung dengan tengkorak agar tidak terguncang.
Saat ini patung Graham dipamerkan di National Gallery of Victoria di Melbourne, Australia. Kamu bisa melihat lebih jauh tentang bentuk tubuhnya di situs Meet Graham.