Drumi
Tercekik tagihan listrik? Mesin cuci ini bisa dipakai tanpa energi listrik

Mesin cuci yang biasanya dipakai di rumah mengonsumsi listrik yang cukup besar sehingga semakin menajamkan tagihan listrik. Dengan target menghemat konsumsi energi dan ramah lingkungan, mesin cuci tanpa listrik Drumi hadir pada 2015 lalu dan saat ini dikabarkan sudah masuki tahap produksi.

Menurut halaman resmi Yirego, startup yang membuat mesin cuci tersebut terlihat kumpulan kerangka berbaris menunggu untuk dirakit satu demi satu. Sejak pertama kali diumumkan 3 tahun lalu, Drumi telah mengalami beberapa perubahan dan perbaikan.

Misalnya dimensi secara keseluruhan menjadi sedikit lebih pendek, yakni hanya 41,6 cm. Pihaknya juga menambah fitur untuk mengeringkan pakaian usai mencuci, beserta fitur lainnya, seperti pengunci tutup.

Secara umum, cara kerja mesin cuci tersebut masih sama. Kamu dapat memasukkan pakaian seberat 2,25 kg, air bersih, dan detergen pada wadah yang disediakan. Kemudian menggunakan pedal yang terletak diluar, kamu hanya perlu memompanya selama 3-5 menit.

Sedangkan proses pengeringan jauh lebih minimal, yakni 30 detik hingga 1 menit. Untuk proses yang lebih cepat, disarankan untuk memompa pedal sedikit lebih agresif.

 

Harga Mesin Cuci Tanpa Listrik Drumi

Mesin Cuci Drumi
Mesin cuci tanpa listrik Drumi

Drumi murni bekerja tanpa energi listrik. Desainnya yang portable sangat nyaman untuk dipindah atau dibawa bepergian ketika dibutuhkan

Menurut Yirego, Drumi seharusnya sudah mulai bisa dikirim kepada para pembeli mulai pertengahan tahun ini. Harga yang ditawarkan adalah $299 atau Rp 4 juta. Namun kapasitas produksi tidak sebanding dengan permintaan. Perusahaan pun hanya menyediakan order terbatas untuk fase produksi awal.

Berikut video cara kerja Drumi: