Mesin cuci bukan lagi barang baru saat ini. Hampir semua rumah sudah di kota-kota besar sudah difasilitasi oleh mesin cuci. Selain harganya yang kian murah, mesin cuci juga memudahkan aktivitas manusia saat mencuci pakaian hingga mengeringkannya.
Namun semua mesin cuci memiliki satu kendala yang sama; konsumsi listrik tinggi. Meskipun selalu ada inovasi dari para vendor, tetap saja ada kelebihan biaya listrik yang harus dibayar.
Solusinya? Mau tidak mau kamu yang enggan menggunakan mesin cuci harus mencuci sendiri dengan tangan. Atau bisa pakai jasa laundry yang biasa dihitung secara kilo-an. Itu berarti tetap saja ada harga yang harus kamu bayar.
Tetapi, sebuah perusahaan bernama Yirego asal Kanada tengah merancang mesin cuci yang tidak menggunakan tenaga listrik!

Drumi

Mesin Cuci Model Baru: Tak Perlu Lagi Tenaga Listrik
Drumi adalah nama mesin cuci unik dimana ia menggunakan tenaga kaki manusia untuk menggerakan komponen didalamnya.
Sederhananya, cara menggunakan Drumi cukup menginjak pedal layaknya ketika menaiki sepeda. Namun hanya satu kaki saja yang diperlukan untuk ini.
Yirego menciptakan Drumi bukan sekedar untuk menghilangkan kebutuhan energi listrik untuk mesin cuci, namun mereka juga berusaha mereduksi jumlah pemakaian air.
Mereka mengatakan bahwa Drumi mampu menghemat hingga 80% konsumsi air ketimbang mesin cuci konvensional.
Mesin Cuci Model Baru: Tak Perlu Lagi Tenaga Listrik
Drumi memiliki desain tabung dengan bentuk cembung di bagian atas yang merupakan wadah bagi “bola” pencuci untuk bisa berputar.
Bentuknya juga kecil, kira-kira setara dengan galon air minum. Coba bandingkan dengan mesin cuci standar yang tingginya saja bisa seperut orang dewasa.
Estimasi waktu yang dibutuhkan juga relatif singkat. Berkisar 5-15 menit bergantung seberapa banyak yang dicuci.

Dengan Drumi, kamu bisa menghemat waktu, menghemat air, dan menghemat listrik!

Bagi kamu yang tertarik, dapat mengunjungi situs resmi Yirego untuk melakukan pemesanan.