Raksasa perusahaan IT dunia terus berlomba-lomba membangun kantornya semenarik mungkin. Kita bisa ambil contoh Google yang beberapa tahun lalu show-off bagian dalam markas besarnya di Silicon Valley yang menjamin pegawainya tetap senang bekerja disana.

Namun tidak banyak yang tahu bahwa Apple segera punya markas bergaya futuristik yang saat ini tengah dibangun di Cupertino, California.

1-sefsed-jpeg
Targetnya akan seperti ini

Apple Campus 2 sudah direncanakan sejak 2011 oleh Steve Jobs. Meskipun pemberitaan pers tampak minim, namun belakangan sejumlah video dan foto menunjukkan bahwa bangunan ini sudah hampir rampung.

Bangunan utama dibuat melingkar, mirip seperti pesawat luar angkasa yang baru saja mendarat. Uniknya di bagian pusat lingkaran sengaja diisi taman kecil yang bisa dikunjungi karyawan.

Hampir semua bangunan di komplek ini menggunakan atap panel surya
Hampir semua bangunan di komplek ini menggunakan atap panel surya

Tidak berhenti sampai disitu, atap bangunan seluruhnya dilapisi panel surya untuk menyediakan tenaga listrik.

Fasilitas di dalam Apple Campus 2 terbilang cukup lengkap. Setidaknya ada tujuh kafe, pusat kesehatan, area parkir besar, ruang hijau, R&D hingga auditorium bawah tanah.

Pintu masuk kendaraan ke bangunan utama lewat terowongan bawah tanah
Pintu masuk kendaraan ke bangunan utama lewat terowongan bawah tanah

Menurut sumber dari Macworld, pihak Apple juga menyediakan 1000 buah sepeda mengingat lahan bangunan ini sangatlah luas.

Rencananya Apple Campus 2 segera dibuka pada 2017 dan akan ditempatkan sekitar 13.000 karyawannya.

Apa tanggapanmu tentang komplek kantor senilai $5 miliar ini?