Cora
Kompetitor baru di dunia taksi terbang

Kitty Hawk merupakan sebuah perusahaan yang bergerak mengembangkan taksi terbang, terutama untuk wilayah New Zealand. Perusahaan ini pernah mendapat dukungan dana dari Alphabat untuk merealisasikan armadanya. Kini, setelah beberapa tahun pengembangan, Kitty Hawk siap mengudara.

Taksi terbang bernama Cora baru saja mendapat persetujuan dari otoritas setempat pada akhir 2017. Armada tersebut mampu membawa dua penumpang dengan jarak tempuh maksimal 100 km. Menariknya, seluruh konsumsi energi menggunakan energi listrik.

Cora dipersenjatai 12 baling-baling kecil untuk menunjang take off dan mendarat secara vertikal. Sementara ketika di udara, taksi ini menggunakan satu baling-baling pendorong yang berlokasi di belakang. Menurut perusahaan, kecepatan yang dapat dicapai adalah 180 km/jam.

Desain Cora sekilas mirip Lilium Jet dan Uber Elevate yang diumumkan beberapa waktu lalu. Kedua layanan itu juga menawarkan fitur VTOL dan terbang horizontal.

Kitty Hawk Cora
Mesin Cora diklaim sangat sunyi

Kitty Hawk mengatakan Cora mampu terbang hingga ketinggian 915 meter. Pihaknya menekankan kemampuan autopilot sehingga siapapun yang ingin naik tidak diwajibkan memiliki lisensi pilot.

Armada tersebut dibekali tiga komputer inti dimana masing-masing beroperasi memproses data yang sama untuk mencegah kegagalan fungsi. Dalam skenario terburuk, seperti baling-baling patah atau masalah listrik, parasut secara otomatis terbuka dan menurunkan Cora secara perlahan.

Kitty Hawk sejatinya bukan penyedia layanan transportasi terbang, melainkan manufaktur. Mereka mengizinkan perusahaan lain yang tertarik untuk membeli Cora dan memasukkannya dalam sistem taksi terbang yang mereka buat.

Berikut video tentang Cora: