Robocar
Robocar meraih catatan waktu 90 detik di arena berbukit sejauh 1,86 km (credit: Roborace)

Robocar, sebuah mobil balap buatan startup bernama Roborace berhasil mencetak sejarah baru. Pasalnya mobil ini jadi yang pertama melintasi arena balap tanpa bantuan manusia alias mengandalkan kecerdasan buatan. Mobil berhasil melaju pada arena sepanjang 1,16 mil atau 1,86 km di Festival of Speed Hillclimb di Goodwood, Inggris.

Ajang yang ditonton lebih dari 55.000 pasang mata itu menjadi kesempatan bagi pemain otomotif untuk menjajal kemampuan mobilnya melewati rute yang berkelok-kelok serta kemiringan ekstrim.

Robocar dirancang oleh Daniel Simon, desainer otomotif yang terkenal akan ciri khas futuristis. Desainnya sangat menggambarkan visi modern dengan lekukan minimal dan alur yang begitu halus. Tidak lupa pada dapur pacu tersemat mesin elektrik dengan total 540 kW atau setara 724 tenaga kuda.

Untuk melengkapi fungsinya sebagai mobil balap self-driving, Robocar dipersenjatai GPS, Lidar, kamera, dan sensor ultrasonik untuk membaca kondisi lingkungan secara real-time. Hasilnya, pada percobaan pertama di hadapan publik mobil dapat menyelesaikan tugasnya dalam 1 menit 30 detik.

Sementara itu rekor Festival of Speed tercepat saat ini dipegang oleh McLaren pada 1999 dengan perolehan 41,6 detik. Meski begitu, dengan status tanpa pengemudi dan masih dalam tahap prototipe, pencapaian Robocar bisa dibilang cukup memuaskan, terutama bagi perancang di baliknya.

“Itu adalah sebuah pencapaian yang luar biasa untuk mobil balap menyelesaikan balapan pertamanya di bukit hanya dengan mengandalkan kecerdasan buatan,” kata Charles Gordon-Lennox, sang pendiri Festival of Speed.

Sementara CEO Roborace, Rod Chong juga ikut berkomentar dengan mengatakan timnya sangat bersemangat dengan hasil pengujian ini.

“Kami sangat bersemangat bahwa tim berhasil meraih pencapaian ini dan kami berharap itu bisa menarik perhatian dalam kemajuan yang tengah dibuat oleh industri otomotif,” katanya.

Robocar pertama kali diumumkan pada 2016 lalu dan diklaim dapat melaju hingga 320 km per jam. Robocar merupakan salah satu penantang dalam kompetisi balapan self-driving yang akan diadakan dalam beberapa waktu ke depan.