Apple Campus 2

Perusahaan teknologi dengan iPhone dan MacBook sebagai ujung tombak perusahaannya tengah membangun markas bergaya futuristik yang dilengkapi fasilitas menarik untuk memanjakan karyawan dan pengunjungnya.

Apple Campus 2 yang saat ini masih dalam tahap pembangunan di Cupertino, California sudah menunjukkan tanda-tanda menuju akhir penyelesaian. Laporan dari Apple menyebutkan Campus 2 segera dihuni oleh para pegawainya pada bulan April mendatang.

Apple Campus 2
Bangunan utama paling ikonik dengan konsep futuristik

Bukan pegawai baru, tetapi pegawai lama berjumlah 12.000 orang yang masih beroperasi di Apple Campus pertama. Tentu ini bukan tugas mudah, prosesnya akan memakan waktu sekitar 6 bulan dan dilakukan secara bertahap. Beruntung kedua markas ini berada di kota yang sama sehingga proses migrasi tidak terlalu membebani.

Apple Campus 2
Panel surya menghampar di sisi atas spaceship, menjadikannya sebagai sumber energi terbarukan

Gedung utama yang berbentuk cincin atau sering disebut sebagai “spaceship” terlihat sudah hampir selesai dibangun. Panel surya sebagian besar sudah terpasang disini.

Jika selesai maka spaceship akan menyabet predikat sebagai gedung dengan instalasi panel surya terbesar di dunia. Untuk gedung itu sendiri saja luasnya mencapai 2.8 juta kaki persegi.

Apple Campus 2
Steve Jobs Theater menyajikan sudut pandang 360 derajat ke luar

Sementara itu bangunan auditorium akan diberi nama Steve Jobs Theater sebagai bentuk penghargaan kepada sang visioner Apple.

Steve Jobs Theater akan memuat 1.000 kursi yang mana setiap sisi bangunan menggunakan kaca. Sedangkan atap berbahan campuran logam dan karbon.

Apple Campus 2
Sejauh ini baru beberapa pohon yang sudah menancap

Di halaman segera ditanam sekitar 9.000 pohon dan tanaman yang tahan kondisi kering. Di antara pepohonan tersebut juga dibangun jalur pejalan kaki.

Mengandalkan tenaga matahari, markas ini mampu mendapatkan 17-megawatt yang mana sanggup memenuhi kebutuhan listrik perusahaan.

Apple Campus 2
Sekaligus menyandang bangunan dengan ventilasi terbesar di dunia

Bahkan demi mendukung slogan bangunan ramah lingkungan, Apple sengaja memilih kaca sebagai pengganti tembok agar cahaya matahari dapat masuk. Pihaknya juga mengatakan tidak membutuhkan pendingin atau pemanas ruangan.

Apple Campus 2
Tetap ada tempat untuk kalangan umum, meski tidak semuanya

Tidak tertutup untuk publik, terdapat visitor center yang boleh dikunjungi siapapun. Disana akan dibuka Apple Store dan kafe. Tetapi fasilitas seperti fitness dan R&D tampaknya eksklusif untuk pegawainya saja.

Apple Campus 2
Harus diakui arsitektur Apple Campus 2 merupakan salah satu yang terbaik di dunia

Kapan mahakarya ini selesai? Targetnya pada April nanti, tetapi pengerjaan taman baru akan dilanjutkan pada musim panas (sekitar Juni) mengingat kondisi musim saat ini tidak optimal untuk menanam tanaman.

Berikut video terbaru proses pembangunan Apple Campus 2: