Olahraga
Lupa berolahraga membuat kamu jadi semakin pelupa (credit: Pixabay)

Jarang berolahraga tidak hanya mengendurkan otot-otot tubuh, tetapi juga berpengaruh besar pada otak. Sebuah penelitian dari McMaster University, Kanada menunjukan orang yang rutin berolahraga memiliki memori yang lebih baik dengan yang tidak.

Penelitian melibatkan 95 subjek yang dipecah menjadi tiga grup. Mereka melakukan arahan yang diberikan tim peneliti selama 6 minggu. Grup pertama berolahraga fisik setiap hari secara intensif, grup kedua olahraga fisik dan otak, dan grup ketiga tidak melakukannya sama sekali.

Usai penelitian, tim menyimpulkan grup satu dan grup dua memiliki peningkatan fungsi otak dan sel otak yang lebih sehat. Di sisi lain, fisik mereka juga lebih baik dari sebelumnya.

Salah satu peneliti, Jennifer Heisz mengatakan, olahraga juga dapat mengaktifkan kembali saraf-saraf otak yang telah lama tertidur. Ia juga menambahkan hal ini turut mempengaruhi prestasi akademik.

“Peningkatan memori karena berolahraga dapat menjelaskan hubungan antara olahraga aerobik dan performa akademik yang lebih baik,” jelasnya. Heisz kini berencana melakukan penelitian baru dengan subjek yang lebih tua.

Dengan bukti penelitian ini, maka jangan lupa berlolahraga agar tidak menjadi pelupa.