Lotte World Tower

Bangunan super tinggi membutuhkan pengangkutan antar tingkat yang cepat pula. Tidak mungkin seseorang dari lantai dasar menaiki tangga untuk mencapai lantai 70. Untuk itulah beberapa perusahaan manufaktur lift atau elevator mengerjakan high speed elevator dengan tujuan agar orang lebih cepat sampai ke lantai yang ditujunya.

Status Burj Khalifa sebagai gedung tertinggi di dunia saat ini mungkin akan membuat sebagian orang berasumsi bahwa lift disana adalah yang tercepat di dunia. Namun kenyataannya tidak demikian.

Lotte World Tower
Lotte World Tower, bangunan tertinggi ke lima di dunia yang juga memecahkan beberapa rekor

Bangunan yang berdiri di Dubai tersebut memiliki lift berkecepatan 36 kilometer per jam atau berada di posisi ketiga di bawah Taipei 101 dan Yokohama Landmark Tower. Tetapi nampaknya Lotte World Tower di Seoul, Korea Selatan meyalip posisi pertama.

Bangunan setinggi 555 meter ini menawarkan pengangkutan dari lantai satu ke lantai 123 dalam semenit. Laporan dari Bloomberg juga menyebutkan kolam renang tertinggi di dunia turut hadir disini.

Lotte World Tower
Pembukaan pertamanya diwarnai dengan kembang api yang menghiasi malam

Di samping itu sisi paling menarik dari bangunan ini ialah lantai kaca yang diletakkan di posisi paling atas. Dengan demikian pengunjung dapat melihat pemandangan fantastis di bawa gedung. Namun sepertinya tidak banyak orang yang berani melakukan hal tersebut meski sudah dijamin aman.

Lotte World Tower
Lantai teratas menawarkan pemandangan yang menarik untuk diabadikan

Lotte World Tower telah direncanakan sejak 7 tahun silam dan menghabiskan dana $3.6 miliar. Lotte Group baru saja membuka bangunan ini untuk publik sekaligus menyabet beberapa rekor seperti lantai kaca tertinggi di dunia, kolam renang tertinggi di dunia, dan elevator tercepat di dunia.