Zolo Liberty Plus
Dengan sejumlah teknologi terbaru, Zolo Liberty Plus disebut-sebut akan menjadi pesaing Apple AirPods

Wireless earphones merupakan salah satu varian media untuk mendengarkan musik secara personal, tanpa membuat orang lain terganggu dan didukung oleh koneksi tanpa kabel seperti WiFi dan Bluetooth. Eksistensi perangkat ini mulai menjamur sejak Apple meluncurkan AirPods sebagai kompensasi ketiadaan port jack 3.5 di iPhone 7.

Startup bernama Zolo Audio turut bergabung dalam kompetisi perangkat ini. Pihaknya meluncurkan Liberty Plus yang membawa peningkatan teknologi dibanding produk serupa.

Liberty Plus menawarkan driver yang dilapisi graphene, sejenis logam yang 100 kali lebih kuat dari baja. Hasil pengujian lab yang mereka lakukan menyimpulkan logam tersebut membantu menghasilkan kualitas suara yang lebih baik.

Zolo Liberty Plus
Fitur GripFit memungkinkan earphone tetap melekat dengan telinga meski diguncang

Sementara itu untuk kenyamanan, Zolo telah menganalisa berbagai bentuk telinga dan berhasil menemukan bentuk yang sempurna untuk semua orang. Liberty Plus memiliki fitur GripFit yang memastikan earphone cocok dengan telinga dan tidak terlepas meski sedang aktif bergerak.

Untuk terhubung ke smartphone, earphone ini mengandalkan jaringan Bluetooth 5.0 yang merupakan versi tertinggi saat ini. Dengan teknologi tersebut, kapasitas data yang dikirim 8 kali lebih besar dan menunjang jangkauan yang lebih jauh. Di samping itu, Liberty Plus juga mengusung antena Laser Direct Structuring (LDS) yang memastikan sinyal dapat terfokus.

Zolo Liberty Plus
Charging case memberi daya lebih hingga 48 jam pemakaian

Dengan baterai internal, earphone dapat memutar lagu selama 3.5 jam. Tetapi dengan integerasi charging case akan menambah daya hingga 48 jam pemakaian. Angka tersebut boleh dibilang cukup menarik mengingat produk kompetitor seperti AirPods hanya mencapai 24 jam saja.

Liberty Plus tengah menjalankan crowdfunding di Kickstarter dengan target dana $50.000. Menariknya, dalam 3 hari pihaknya telah mendapatkan lebih dari $700.000 sementara masih ada 31 hari tersisa sebelum masa penggalangan dana ditutup. Tidak menutup kemungkinan akan menjadi proyek paling laris tahun ini.

Zolo Liberty Plus
Liberty Plus sukses meraup $700.000 dalam 3 hari penggalangan dana

Saat ini satu set Liberty Plus dijual dengan harga promo terbatas yakni $99 atau Rp 1.3 juta. Sedangkan harga di retail nanti akan mencapai Rp 2 juta. Produksi massal serta pengiriman akan dilakukan pada Oktober mendatang.