LG V30
LG berencana memperkaya sisi kamera pada ponsel flagship mereka selanjutnya (credit: LG)

Selagi pasar ponsel lebih banyak membicarakan soal Samsung dan Apple, LG mencoba peruntungannya dengan terjun di bidang yang sama pada beberapa tahun terakhir. Meski beberapa produk sebelumnya gagal menarik minat konsumen, perusahaan asal Korea Selatan ini masih belum menyerah pada keadaan. Menurut laporan dari Android Police, LG berencana merilis ponsel dengan 5 kamera.

Kebanyakan smartphone flagship telah dibekali sistem kamera ganda di belakang serta satu kamera biasa di sisi depan. Sebagian lainnya memiliki kamera ganda baik di depan maupun di belakang yang menghasilkan 4 kamera pada satu perangkat. Tentu, berita bahwa LG akan menambah satu kamera lagi terkesan sensasional.

Suksesor LG V30, sebut saja V40 (bukan nama resmi) akan punya dua kamera di sisi depan serta tiga lainnya di belakang. Menurut formasi yang ada, LG kemungkinan besar akan menghadirkan teknologi pengenal wajah tiga dimensi, meski hal itu belum bisa dikonfirmasi.

Sistem tiga kamera sebelumnya sudah dimiliki oleh Huawei P20 Pro, dimana masing-masing berfungsi sebagai lensa telephoto, monochrome, dan kamera utama. LG V40 berpeluang mengadopsi konfigurasi serupa. Huawei P20 Pro sendiri berhasil menempati posisi teratas DxOMark dengan raihan 109 poin, mengkerdilkan nama lain seperti Samsung, Apple, dan Google.

Namun LG sendiri justru mendapat kritikan karena kemampuan kamera yang tidak sesuai ekspetasi ditambah layar yang kurang vibrant pada varian V30. Ini seharusnya menjadi evaluasi bagi perusahaan sebelum memutuskan merilis smartphone berlabel flagship.

Di luar dari kamera, sumber yang sama juga mengatakan V40 juga hadir bersama notch namun bisa disembunyikan sehingga nampak seperti ponsel pada umumnya. Ponsel diperkirakan akan rilis pada akhir 2018 dan ditenagai prosesor anyar Qualcomm Snapdragon 845.