LG OLED 8K
Buah karya divisi pengembangan layar LG tampil di CES 2018 (credit: LG)

Televisi dengan jargon “4K Ultra HD” masih sangat relevan dengan pasar sekarang, harganya pun semakin terjangkau seiring perkembangannya. LG mencoba meningkatkan produknya dengan memamerkan televisi OLED selebar 88 inci atau 2,2 meter pada ajang CES 2018 yang masih berlangsung saat ini.

Teknologi layar terbaru dari LG tersebut menyalip jauh layar TV saat ini. Resolusinya mencapai 7680 x 4320 piksel atau 8K. Angka tersebut otomatis menjadikannya sebagai layar OLED dengan resolusi tertinggi yang pernah dibuat.

Secara singkat, layar tersebut membentang sepanjang 88 inci dan resolusi 8K. Sementara produk yang sudah ada di pasaran, seperti LG Signature berukuran 77 inci dengan resolusi 4K.

Pihak LG mengatakan pengembangan TV 8K merupakan titik penting untuk aplikasi OLED di masa mendatang. Perusahaan dalam beberapa tahun terakhir memang sedang giat mengeksploitasi teknologi tersebut untuk berbagai aplikasi, termasuk smartphone yang telah ditanamkan pada LG V30.

“Keberhasilan pengembangan televisi OLED 8K pertama di dunia merupakan tonggak sejarah untuk era 8K dan menekankan potensi besar dari OLED,” kata CTO LG Display, In-Byung Kang.

Meski LG cukup yakin produknya akan menggebrak pasar. Namun bagi kamu yang telah memiliki TV 4K tidak perlu kecewa. Sebab TV 8K masih terhitung agak mahal, serta minimnya konten dengan resolusi tersebut.

Dalam pernyataannya, LG mengklaim layar OLED memberi keuntungan dari segi ketebalan. Pasalnya tidak diperlukan unit backlight yang tertanam di bawah layar. Sementara layar LCD dipastikan lebih tebal dan berat karena mekanismenya itu.

Terdapat lebih dari 33 juta piksel self-emissive pada TV OLED 8K yang menampilkan kualitas gambar lebih realistis pada industri TV UHD. Di samping itu jenis layar ini turut menawarkan warna hitam pekat, warna lebih hidup, dan sudut pandang lebar.