Layar Lipat LG
Sejak 5 tahun lalu LG mulai mengembangkan teknologi layar fleksibel, kapan dilepas ke publik?

Jika kamu membaca berita ini, kamu lahir di waktu yang tepat untuk menyaksikan tahap awal pengembangan teknologi layar masa depan. Transparan dan fleksibel merupakan sifat layar yang hanya hadir di film sci-fi, namun LG sudah mulai merealisasikan angan-angan tersebut sejak lama.

Tahun ini LG memperkenalkan layar OLED raksasa berukuran 77 inci, yang merupakan pertama kalinya perusahaan buat. Layar tersebut beresolusi 4K (3.840 x 2160 piksel) dan memiliki tingkat transparansi 40 persen. Tidak sulit melihat objek lain dibaliknya.

Layar Lipat LG
Layar OLED 77 inci fleksibel pertama di dunia

Sama seperti teknologi layar yang sempat mereka perkenalkan tahun lalu, layar ini dapat dilekuk atau digulung hingga radius 80 milimeter tanpa membuat kerusakan. LG berharap teknologi ini dapat diaplikasikan pada layar televisi, ketika sudah menonton kamu dapat menggulungnya.

Layar ini nantinya juga dapat digunakan sebagai media periklanan hingga smart desk. LG sudah memamerkan layar fleksibelnya ke publik sejak 2014, tetapi tahun ini merupakan yang terbesar. Senior Vice President LG, Byu Kang mengatakan pihak perusahaan sudah berkomitmen untuk membawa inovasi ini ke pasar.

Layar Lipat LG
Bayangkan di meja kerjamu ada layar ini

Sayangnya dalam pengumuman yang dirilis 22 Juni lalu, LG tidak banyak memberikan detil terkait kelanjutan pengembangan layar dan kapan akan tersedia bagi konsumen.

ZDNet melaporkan proyek telah didukung oleh pemerintah Korea Selatan dan telah berlangsung selama hampir 5 tahun. Menurut perkiraan, perangkat dengan layar fleksibel akan tersedia secara komersial beberapa tahun mendatang, namun itu semua tergantung bagaimana pengembangan LG.

Bagi kamu yang penasaran dengan teknologi layar fleksibel LG, tonton video berikut: