Seagate-Multi-Actuator-technology-conceptual-illustration
Seagate menambah jumlah komponen input-output sehingga proses data lebih cepat

Hard Disk Drive atau sering disingkat HDD merupakan media penyimpanan komputer yang cukup populer karena lebih ekonomis dibanding SSD. Di dalamnya terdapat piringan yang berputar cepat saat sedang membaca atau menuliskan data.

Komponen lainnya yang tak kalah penting ialah aktuator. Bagian ini berperan memindahkan kepala magnetik di atas piringan. Produsen HDD terkemuka, Seagate menemukan cara sederhana untuk meningkatkan kecepatannya, yakni dengan menggunakan dua aktuator (Multi Actuator).

Menurut perusahaan, penggunaan dua aktuator berarti data diproses dua kali lebih cepat di waktu yang sama. Kecepatan sangat dibutuhkan bagiĀ data center yang selalu mengakses banyak informasi.

Menurut Kepala Produk, James Borden, mekanisme ini secara ajaib meningkatkan kecepatan operasi tanpa memberikan efek negatif.

“Pada dasarnya, kami menggunakan hard drive berkapasitas tinggi yang dibutuhkan pelanggan, dan secara ajaib melipatgandakan IOPS (input/output operations per second),” ujaranya seperti dikutip dari Blog Seagate.

Kendati konsep ini sangat menarik untuk diaplikasikan, namun perusahaan masih terus mengembangkan Multi Actuator sebelum siap dipakai pada produknya. Terlepas dari itu Seagate menjamin teknologi tersebut akan tersedia di pasaran tidak lama lagi.

  VGA Nvidia GeForce GTX 1060 Hadir?